Ini Kronologis Bus Sibualbuali Angkut Rombongan Pesta Tabrak Mahoni Hingga Supir Tewas di TKP

0
551
Kondisi Bus Sibualbuali saat di TKP. (Foto/Stg)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Bus OPD Sibualbuali menabrak pohon besar, mengakibatkan sang supir tewas didalam bus yang sedang dikemudikannya.

Kecelakaan itu melibatkan Bus PT ODP Sibualbuali nopol BB-7173-LF dan satu unit minibus Isuzu Panther BK 1640 KY,  terjadi di jalinsum kilometer 33, Pondok Buluh, kecamatan  Dolok Panribuan, kabupaten Simalungun, pada Sabtu (9/2/2019),  sekira pukul 06.30 WIB, lalu.

Korban tewas (supir Sibualbuali,red), Henri Togatorop (34), warga Sanggar Desa Siboru Torop, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Sementara supir Isuzu Panther, Rudi Harianto Sianturi (47), warga Aek Dolok Desa Paranginan Utara, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Tapanuli Utara, hanya mengalami luka – luka.

Kondisi supir bus Sibualbuali sangat tragis, Henri terjepit di bagian depan bus yang ringsek, mengakibatkan proses evakuasi cukup sulit dilakukan. Polisi yang tiba di TKP, berusaha keras mengevakuasi korban dan seluruh penumpang bus tersebut. Sedangkan korban luka – luka dievakuasi ke  salah satu Rumah Sakit Swasta di Siantar.

Kondisi Bus Sibualbuali saat di TKP. (Foto/Stg)

Berdasarkan keterangan saksi mata, Jumadi Marpaung (16), kejadian taragis ini berawal saat kedua mobil tersebut sama – sama melaju dengan kecepatan tinggi dari arah  Parapat menuju Siantar.

Namun tiba – tiba mobil Isuzu Panther berusaha menyelip bus di depanya dan menyenggol bus Sibualbuali. Seketika bus kehilangan kendali dan menabrak pohon berukuran besar, di pinggir jalan.

“Kejadiannya cepat sekali, sekita bus Sibualbuali menabrak pohon, sedangkan Panther itu terus melaju oleng dan menabrak tiang listrik serta menabrak pagar halaman rumah salah satu warga, di sekitar TKP. Seketika itu pula warga ramai – ramai melihat kejadian ini,” ujar Jumadi, sembari menuturkan posisinya saat terjadi kecelakaan.

“Kalau tadinya mini busnya tak menabrak pohon itu, pasti saya yang akan kena tabrak,” tutur Jumadi yang masih duduk di kelas XI SMA.

Kapos Lantas, Aiptu S.Oppu Sunggu ketika dikonfirmasi di TKP melalui Aipda Surya, membenarkan adanya peristiwa laka lantas tersebut.

Kondisi Bus Sibualbuali saat di TKP. (Foto/Stg)

“Kondisi pengemudi Isuzu Panther tersebut hanya mengalami luka – luka dan saat ini masih dalam perawatan. Sedangkan barang bukti kedua kendaraan sudah kita amankan di Polsek Tigabalata,” papar Surya.

Dari keterangan Surya,  Bus Sibualbuali membawa rombongan pesta kawin dari Muara menuju Siantar, sedangkan mobil pribadi hendak melayat ke Tanah Jawa.

“Dari hasil olah TKP, terlihat mobil pribadi hendak menyalip Bus Sibualbuali yang berjalan di depannya, sayangnya menyalip terlalu ke kiri, sehingga bus menabrak pohon. Sedangkan mobil pribadi oleng ke kanan dan menabrak tiang listrik sejauh 25 meter dari titik persentuhan pertama,” pungkas Surya. (Stg)