Ini Pesan Bupati Pesisir Barat saat Musrenbang Kecamatan Pesisir Utara

0
179
Bupati Pesisir Barat, DR Drs Agus Istiqlal SH, saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Kecamatan Pesisir Utara, Rabu (20/2/2019). (Foto/Andi)
Dijual Rumah

BuktiPers.com-Pesisir Barat (Lampung)

Bupati Pesisir Barat, DR Drs Agus Istiqlal SH, membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Kecamatan Pesisir Utara, Rabu (20/2/2019).

Turut hadir pada acara tersebut, para Staf Ahli Bupati, Kapolsek Pesisir Utara, Koramil Pesisir Utara, serta jajaran OPD terkait, Camat Pesisir Utara, para peratin se-Kecamatan Pesisir Utara dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bahwa Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan, merupakan forum antar para pelaku pembangunan di kecamatan, dalam rangka menyusun dokumen RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun Anggaran 2020.

Dia menekankan kepada seluruh Peratin agar dapat memaksimalkan Dana Desa (DD) yang diterima untuk pembangunan pekon dengan mengembangkan potensi-potensi unggulan, sehingga pekon dapat mandiri secara ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pesisir Utara, Rabu (20/2/2019). (Foto/Andi)

Selanjutnya, Bupati meminta agar dalam penyusunan rencana kerja dalam Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), masing-masing pekon untuk tidak hanya memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Dibidang sosial juga sangat diperlukan, pesan Bupati.

Menurutnya, dampak keberadaan ADD dan DD, tidak hanya terfokuskan dalam sektor infrastruktur, namun manfaat lainnya seperti pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat ditingkat pekon.

Selanjutnya dengan adanya dana sosial yang berasal dari ADD dan DD berdampak baik, serta mempunyai makna dan manfaat yang besar terhadap kebutuhan masyarakat setempat, kata Bupati.

Kepada seluruh Peratin se-kecamatan Pesisir Utara, supaya memperhatikan dan memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki KTP, KK dan Akte Kelahiran, kata Bupati mengingatkan.

Kemudian Camat dan Peratin, disarankan mengupdate ulang data penerima PKH, agar langsung kepada masyarakat penerima manfaat, baik penerima bantuan PKH, bedah rumah dan bantuan raskin, tutupnya.

(Andi)