Ini Pesan Kapolres Tanggamus Saat Bhakti Sosial

0
305
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanggamus (Lampung)

Menerjunkan sekitar 40 personil baik Polki dan Polwan, Polres Tanggamus menggelar bhakti sosial di lokasi terdampak Banjir Bandang Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan yang digelar kemarin, Sabtu (16/11/18) dipimpin langsung Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si didampingi Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH dan sejumlah Kasatnya.

Bhakti Sosial dilaksanakan berupa pengobatan gratis Urusan Kesehatan oleh Dokter Klinik Dr. Risdiyanto bekerjasama dengan Puskesmas Kelumbayan, Trauma Healing, pemberian bahan pokok serta memberikan pemahaman kepada warga terkait adanya banjir bandang tersebut.

Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan, dalam rangka tanggap darurat dan program aksi peduli Polres Tanggamus, personil Polres Tanggamus hadir langsung untuk memberikan bantuan yang dikumpulkan dari seluruh personil yang sudah terkumpul selama seminggu.

“Dan saat ini kami didistribusikan langsung ke Kepala Pekon Umbar untuk dibagikan kepada masyarakat tekena musibah longsor dan banjir,” katanya.

Sambungnya, sebagai langkah awal upaya pencegahan terjadinya bencana longsor dan banjir, ia juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

“Kami sudah menyampaikan kepada unsur pimpinan kecamatan dan pekon bahwa, hasil kami melihat, banyak warga membuka ladang diatas gunung, untuk itu diminta kepada semua unsur melakukan evaluasi dan memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak melakukan pembukaan diatas lahan diatas gunung karena merupakan penyumbang terjadinya banjir apabila hujan terjadi dengan intensitas tinggi,” jelasnya.

Kapolres juga menegaskan, dalam hal warga yang banyak kehilangan dokumen-dokumen penting, Polres Tanggamus akan membantu membuatkan surat keterangan sehingga mempermudah warga dalam hal pergantiannya.

“Telah disampaikan kepada Kepala Pekon dan unsur pimpinan kecamatan agar warga yang kehilangan dokumen segera didatakan kemudian diserahkan kepada Kapolsubsektor untuk dibuatkan surat keterangan kehilangan untuk kepengurusan dokumen tersebut,” pungkasnya.

Ditempat sama Kepala Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan Samsudin mengaku sangat terbantu atas bantuan Polres Tanggamus dan jajarannya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan dan kegiatan bhakti sosial Polres Tanggamus. Kami atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, mudahan-mudahan menjadi semangat baru bagi kami semua,” tutur Samsudin.

Kedepannya, kepala pekon umbar berharap Kapolres Tanggamus dapat membantu proses penyampaian kepada dinas-dinas terkait pencegahan terjadinya banjir.

“Lewat bapak Kapolres, kami berharap disampaikan kepada dinas terkait upaya terhadap pencegahan terjadinya penyebab bencana tersebut,” pungkasnya. (nang)