Ini Saran dan Harapan Warga Kei Kecil Kepada Kapolres Malra

0
87
Kapolres Maluku Tenggara (Malra) kembali mendengarkan curhatan warga, dan kali ini dari Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra, Kamis (23/7/2020).
Dijual Rumah

Maluku Tenggara, buktipers.com – Kapolres Maluku Tenggara (Malra) kembali mendengarkan curhatan warga, dan kali ini dari Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra, Kamis (23/7/2020).

Kapolres yang didampingi istri serta pengurus Bhayangkari Cabang Malra, dalam kunjungan kerjanya, melakukan bincang-bincang dan tanya jawab untuk mendengar curhatan warga, soal perkembangan terkini, di wilayah hukum Polsek Kei Kecil.

Sebelumnya, Kapolres bersama rombongan, disambut oleh Kapolsek Kei Kecil, Iptu W.M.S. Lewankiky, bersama staf dan Bhayangkari Ranting Polsek Kei Kecil.

Dan Kapolsek Kei Kecil melaporkan, bahwa perkembangan Kamtibmas, di wilayah hukumnya, terpantau aman dan terkendali.

Kapolres bersama rombongan juga mengecek jumlah anggota dan personil Polsek Kei Kecil.

Setelah beristirahat, beberapa saat kemudian, Kapolres bertemu dengan Danramil 1503 Tual, Camat Manyeuw, Sekcam Kei Kecil dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Satuper-satu warga yang hadir, menyampaian pertanyaan maupun saran dan masukan kepada Kapolres.

Pj. Kepala Desa Ohoijang, Josep Narwadan, mengatakn, sebagian dari komplotan para pemuda Ohoijang, sering membuat onar dengan mengkonsumsi minuman keras dan berkeliaran sampai larut malam.

Untuk itu, dia meminta Kapolres Malra agar dapat mengakomodir pos jaga milik Dinas Perhubungan Malra untuk dijadikan pos pengamanan Polisi, selama 1×24 jam untuk memelihara situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sementara itu, imam Masjid Al-Falah Perumnas Hi. Ahmad Rumkel, mengeluhkan soal sekelompok anak dan remaja yang sering berkeliaran pada waktu dini hari.

Menurut Rengur, banyak anak-anak yang sering mondar mandir, main handphone, di sekitar lokasi masjid, pada jam-jam tersebut. Untuk itu dirinya meminta kerja sama dari jajaran Polsek setempat untuk menyikapi hal itu.

Sedangkan Pj. Kepala Desa Kolser, Chris Kelanit, turut meminta pihak Kepolisian melakukan himbauan, di Desa Kolser menyangkut protokol kesehatan terkait Covid-19.

Disamping itu, Kepala Desa Namar Robert Sirwutubun memberikan apresiasi kepada pihak Polsek Kei Kecil atas kerjasama Kepolisian, dengan Perangkat Desa setempat.

Menyikapi persoalan Kamtibmas, Robert meminta anggota Bhabinkamtibmas selalu hadir untuk memberikan penyuluhan di desa yang dipimpinnya itu.

Camat Manyeuw, Natalia CH. Watratan meminta agar kegiatan duduk bacarita Kamtibmas perdana ini terus ditingkatkan guna menekan angka kriminalitas di wilayah setempat.

Menurutnya tindakan yang lakukan Kapolres Malra dengan menggelar kunjungan “Duduk Bacarita Kamtibmas”, merupakan langkah yang tepat untuk meredam angka kriminalitas dengan menggali informasi dan bertukar pikiran dengan berbagi unsur warga dan pihak terkait guna memanilisir perkembangan terkini di wilayah setempat.

Watratan turut meminta pihak Kepolisian untuk mandirikan sebuah pos pengamanan Polisi, diantara Desa Debut dan Namar.

Hal ini dikarenakan wilayah Kecamatan Manyeuw belum memiliki kantor Polsek (Pos Pol).

Sekertaris Kecamatan Kei Kecil, Sonny Damamain mengatakan, wilayah Kecamatan Kei Kecil, merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak, sehingga dirinya meminta anggota Bhabinkamtibmas untuk sering memberikan pembinaan dan penyuluhan.

Menyikapi saran dan masukan warga, Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael SIK, MH mengakui, bahwa persoalan yang paling sering kali terjadi dipicu oleh miras.

Kata Kapolres,  tidak hanya diwilayah Kota Tual dan Malra, tetapi juga terjadi di berbagai tempat dan hampir diseluruh wilayah di Indonesia.

Soal permintaan penggunaan bagunan milik Dinas Perhubungan Malra, katanya, pihaknya telah menyurati Bupati Malra, untuk ditempatkan personil Kepolisian, namun sampai saat ini belum ada tanggapan dari Bupati.

Kapolres mengaku, jika Bupati menyetujui usulan tersebut, maka sore ini juga pihaknya akan segera menempatkan anggota.

Menindaklanjuti permintaan warga soal anak-anak yang berkeliaran di saat subuh, Kapolres memerintahkan Kapolsek Kei Kecil untuk sering melaksanakan patroli di sekitar daerah Perumnas, pada jam-jam tersebut, dalam rangka melakukan pemantauan dan pengamanan.

Perintah juga turut layangkan kepada Kasat Binmas dan Kapolsek untuk memberikan penyuluhan di desa, sehubungan dengan kesadaran warga soal hukum tentang Covid-19.

Mengingat kurangnya Anggota Bhabinkamtibmas jika dibandingkan dengan jumlah desa yang ada di Malra, maka Kapolres berhasrat, jika telah memenuhi syarat akan mendirikan pos dan menempatkan personil di Desa Namar.

Kapolres juga berjanji akan segera membuat BKPM (Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat), serta memerintahkan anggota Bhabinkamtibmas untuk sesering mungkin melaksanakan kegiatan penyuluhan pada setiap desa, di walayah hukum Polsek Kei Kecil.

Selanjutnya, Kapolres dan rombongan meninjau kebun ketahanan pangan Polsek Kei Kecil.

Kemudian, Kapolres bersama Ketua Bhayangkari Cabang Malra, melaksanakan bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke – 68 Tahun 2020.

 

(Daniel Mituduan)