Ini Wajah 2 Pelaku Penipuan Ganjal ATM di Sejumlah Lokasi di Lubuklinggau

0
1
Dua pelaku penipuan modus ganjal ATM ditangkap Polres Lubuklinggau. (Foto: Era N)
Dijual Rumah

Lubuklinggau, buktipers.com – Satreskrim Polres Lubuklinggau, Sumsel menangkap dua pelaku penipuan dengan modus ganjal ATM. Kedua pelaku berasal dari luar daerah yakni Sumatera Barat dan Bengkulu.

Keduanya Bustomi (49) warga Jalan Tembok Raya, Kelurahan Nanbalimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Sawah Lunto, Sumatera Barat dan Bambang Irawan (57) Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Rejang Lebong, Bengkulu.

Keduanya ditangkap di salah satu bilik ATM di Lubuklinggau saat sedang men-setting atau mengganjal tempat memasukkan kartu ATM menggunakan tusuk gigi dari kayu.

“Berdasarkan laporan dari korban yang diteruskan dengan penyelidikan, kita mendapat informasi tentang adanya aktifitas dua orang laki-laki yang gerak geriknya sangat mencurigakan di dalam ATM,” ujar Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau AKP Robi Sugara, Selasa (20/9/2022).

Terakir kedua pelaku beraksi pada Sabtu malam (17/9/2022) sekitar pukul 19.00 WIB di ATM bank BUMN di Jalan Yos Sudarso. Saat itu korban bernama Lilis hendak mengambil uang, tiba-tiba kartu ATM korban tidak bisa digunakan dan juga tidak bisa dikeluarkan.

Kemudian tiba-tiba datang salah seorang laki-laki menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu ATM milik Korban yang tersangkut atau terganjal.

“Sementara salah pelaku lainnya mengawasi dari luar situasi sekeliling mesin ATM tanpa diketahui. Tanpa sepengetahuan korban kartu ATM-nya ditukar oleh pelaku dengan ATM lain yang sudah dibawa pelaku,” kata Kasat Robi Sugara.

Memang terang Kasat, pelaku sudah mempersiapkan ATM yang menyerupai ATM milik korban. Kemudian Korban disuruh memasukkan kartu yang diberikan tadi ke mesin ATM dan pelaku mengintip saat korban memasukkan nomor PIN.

Karena kartunya sudah ditukar, korban akhirnya batal transaksi dan pergi.  “Setelah korban pergi, pelaku menguras ATM korban. Atas kejadian yang dialami kemudian Korban melaporkannya ke Polres Lubuklinggau,” kata Kasat.

Kedua pelaku beraksi di wilayah Bengkulu dan Lubuklinggau Sumsel. Keduanya juga residivis dalam kasus narkoba dan penipuan dengan modus hipnotis.

 

Sumber : iNews.id