Insan Pers Miliki Peran Berdemokrasi

0
768
IMG_20170622_105022
Plh. Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah, SE, MM saat membuka acara, Kamis (22/6)

PlBuktipers.com, SIANTAR – Plh Wali kota Pematangsiantar, Hefriansyah, SE. MM, didampingi Plt Sekda Ir. Reinward Simanjuntak, MM mengajak Insan Pers bersinergi membangun Kota Pematangsiantar, sebagai kontrol sosial diharapkan insan pers dapat memberikan kontribusi maupun masukan yang bersifat konstruktif untuk membangun Kota Pematangsiantar.

Demikian diucapkan Plh. Wali Kota Pematangsiantar usai membuka pertemuan bersama Insan Pers di Ruang Data Setdako Pematangsiantar, Kamis, (22/6).

“Insan Pers saat ini memiliki peranan penting dalam proses berdemokrasi, hal ini menjadi masukan yang baik untuk pelaksanaaan program program Pemko Siantar. Jadi Pers harus mendukungnya melalui pemberitaan yang akurat dan berimbang,“ kata Hefriansyah.

Pemko Siantar juga mensosialisasikan berbagai program yang sudah dilakukan menjelang hari Lebaran.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Siantar, Drs. Esron Sinaga MSi mengatakan pihaknya dalam menghadapi arus Mudik 2017 sudah membuka jalur alternatif yang dapat dilintasi pemudik untuk mengantisipasi kemacetan di Simpang 2 (dua).

Kadishub, Drs Esron Sinaga, MSi saat memberikan informasi, Kamis (22/6)

“ Daerah Simpang 2 Kecamatan Siantar Simarimbun merupakan perlintasan keluar masuk Kota Siantar menuju Danau Toba, jadi kita buka jalur alternatif melalui Jalan Bahkora 2(dua) dan Jalan Manunggal Karya,” ungkap Esron Sinaga.

Kadishub Siantar juga sudah mengaktifkan beberapa Pos Penyangga Pembantu serta turut serta dengan Pos Pengamanan yang bekerjasama dengan Polres Pematangsiantar.

Selanjutnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Siantar, Drs Robert Samosir, mengatakan, untuk menjaga kenyaman para pemudik, pihak Satpol PP sudah menertibkan dan menata beberapa Fasilitas Umum (Fasum), begitu juga dengan masyarakat pengguna Fasum diminta untuk tidak mengganggu kenyaman para pemudik menjelang lebaran.

Kasatpol PP, Drs Robert Samosir memaparkan program kerja, Kamis (22/6)

Robert Samosir, menambahkan, bahwa Satpol PP telah berkordinasi dengan berbagai pihak, seperti Polres kota, Dishub Kota Siantar untuk mengatisipasi kemacetan dibeberapa titik. Terutama lokasi di sekitar Taman Hewan Pematangsiantar yang biasanya pada Hari Raya Idul Fitri sering terjadi macet.

“Sekitar Taman Hewan biasanya akan padat pengunjung, maka tidak diperkenankan berdagang di bahu jalan sekitar taman hewan karena dapat mengganggu arus lalu lintas, “ ucap Kasatpol PP, Robert Samosir.

Pada kesempatan itu, Kadis Koperasi, UKM dan Perindustrian, Kalbiner Lumban Tungkup, MSi menyampaikan, dari hasil pantauan Harga sembako menjelang Hari Raya yang dilakukan, ketersedian pasokan untuk Kota Siantar dapat dikatakan cukup dan kondisi harga relatif stabil.

Diakhir acara, Sekda Kota Siantar, Ir Reinward simanjuntak, MM menutup acara sembari mengucapkan terimakasih atas apresiasi Insan Pers di Lingkungan Kota Pematangsiantar. (John)