Ipal Sanimas KSM Semut 1B Selesai Dibangun, Warga Rasakan Manfaatnya

0
1402
IMG-20180205-WA0036
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Warga Masyarakat Lingk 1 Kelurahan Bandar Utama Kota Tebing Tinggi sudah merasakan manfaat Ipal Sanimas dari Kementerian PU Pera dengan dana dari Bantuan IDB (Islamic Development Bank) 2017 yang baru selesai dibangun dimana sudah 4 hari difungsikan.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Jurhaidi Kepada BuktiPers.Com, Senin (5/2/2018).

Ketua KSM menerangkan bahwa pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dengan biaya Rp 425 juta yang dikerjakan secara swakelola masyarakat ini telah tersambung dengan sambungan rumah tangga (Sr) sebanyak 50 rumah, diselesaikan berdasarkan RABnya. Menggunakan Pipa SNI Primer Standar 41 Wapin.

“Kami mengerjakan IPAL ini sesuai spesifikasi dan besteknya dan saya sebagai Ketua KSM Semut 1 B siap bertanggung jawab dalam pembangunannya,” ujar Jurhaidi.

Saat diminta komentarnta tentang begitu cepatnya selesai sebelum batas deadline tanggal 13 Februari 2018, Jurhaidi yang juga Ketua LSM KOMPAK RI mengatakan resepnya sederhana saja yakni mengikuti aturan juknisnya dan berdayakan tupoksi yang ada seperti di Ipal Sanimas Semut 1 B ini dengan BKM Mitra Utama yang diketuai Abdul Rahman, jadi semua sesuai aturan.

“Perlu diketahui saya juga sudah lihat dan dengar banyak Ipal Sanimas IDB 2017 belum selesai. Hal ini menurut hemat saya penyebabnya ada sebagian oknum Ketua BKM yang seharusnya mengawas jadi pegang dana serta langsung mengambil tugas Ketua KSM sehingga tugas Ketua KSM jadi kambing hitamnya saja dan saya bicara ini ada bukti dan siap bertanggung jawab. Ini tidak boleh terjadi di IPAL IDB 2018. Untuk itu sesuai program pemerintah yang harus bersama kita sukseskan, saya juga selaku Ketua LSM Kompak RI memberi info kepada yang terhormat Walikota Tebing Tinggi, Kepala Bappeda Dan Khusus Ka Satker Dinas Perkim Tora, ST untuk cepat dan tegas memberi arahan kepada para Ketua KSM dan BKM di pembangunan Ipal ini agar selesai tepat waktu,” tegasnya. (Sng/Red)