IPB : Pemkab Simalungun Sudah Bayar Utang SPP Arnita

0
546
Dijual Rumah

Buktipers.com-Bogor (Jabar),

Institut Pertanian Bogor (IPB) akhirnya menerima uang pelunasan tunggakan biaya perkuliahan mahasiswa Simalungun, Sumatera Utara Arnita, Rodelina Turnip yang berstatus peserta Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Sepekan terakhir Arnita menjadi topik pembicaraan publik nasional, karena dana BUD miliknya dari Pemkab Simalungun disetop sepihak setelah ia pindah Agama.

“Kamis (2/8) kemarin, Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun telah membayar tunggakan dana beasiswa BUD IPB atas nama Arnita Rodelina Turnip Rp 55 juta,” kata Kabiro Hukum, Promosi dan Humas IPB Yatri Indah Kusuma, dalam siaran persnya, Jumat (3/8/2018).

Selain itu, Pemkab Simalungun sebagaimana isi surat yang ditujukan kepada Ombudsman Sumatera Utara pada 2 Agustus 2018 juga menyatakan, komitmennya untuk terus membiayai pendidikan Arnita dan biaya hidup sesuai perjanjian kerjasama yang ditandatangi IPB bersama Pemkab Simalungun tahun 2015.

Rektor IPB Arif Satria mengakui sangat mengapresiasi langkah positif Pemkab Simalungun tersebut, sebagai bagian dari upaya mencetak generasi penerus yang unggul.

“Langkah positif ini yang akan turut memajukan pembangunan, khususnya pada aspek pertanian di kabupaten tersebut di masa mendatang,” ungkap Arif.

Sebelumnya, Arnita Rodelina Turnip, warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, kaget karena pemkab setempat secara sepihak memutus dana BUD miliknya.

Arnita terpaksa dinonaktifkan oleh rektorat IPB, Jawa Barat. Keluarga menduga, pemutusan sepihak dana BUD itu karena Arnita pindah agama.

Dia berpindah keyakinan dan masuk Islam pada September 2015. Pada 2016, beasiswanya dihentikan. Dia dikeluarkan sebagai penerima BUD. Arnita dan keluarganya mengaku tidak pernah mendapatkan peringatan sebelumnya. [Red]

Sumber : Suara.com