Ir Amran Sinaga MSi : Kita Patut Memberikan Apresiasi Kepada Bapak JR Saragih.

0
930
serahkan bantuan untuk kesejahteraan mesjid kepada BKM

Buktipers.com, SIMALUNGUN – Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MM non muslim, tetapi beliau sangat peduli dengan umat Islam.

Di bulan Ramadhan tahun ini, Kabupaten Simalungun mengunjungi mesjid sebanyak 200 mesjid dan melaksanakan kegiatan buka bersama sebanyak 7 kali dengan masyarakat.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada Pak JR Saragih atas kepeduliannya kepada umat Islam,”kata Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi, saat meninjau pelaksanaan safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Simalungun di Huta Bagasan Nagori Silampuyang Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, (9/06).

Disamping mengunjungi mesjid-mesjid yang tersebar di kecamatan-kecamatan, Wakil Bupati, Ir Amran Sinaga MSi mengatakan Pemkab Simalungun juga memberikan bantuan setiap mesjid yang dikunjungi sebesar Rp. 5 juta untuk kesejahteraan mesjid.

“Artinya ada Rp 1 milyar yang dikucurkan oleh Pemkab Simalungun untuk kesejahteraan mesjid,” urai Wakil Bupati.

Menurut Ir Amran Sinaga MSi, sejak kepemimpinan Dr JR Saragih SH MM menjadi Bupati Simalungun sejak tahun 2010, pembangunan mental spiritual kepada masyarakat terus ditingkatkan. Hal ini terlihat jumlah mesjid yang dikunjungi setiap bulan ramadhan terus meningkat termasuk dengan bantuan dana untuk kesejahteraan mesjid. Di Simalungun jumlah mesjid sekitar 800 lebih, sehingga untuk mengunjungi satu persatu, waktu yang dibutuhkan cukup lama. Melalui kunjungan Safari Ramadhan-lah, Pemkab Simalungun mengunjungi mesjid secara bertahap.

Selain membangun bidang keagamaan, dibidang kesehatan Pemkab Simalungun juga meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Seperti pemberian kartu BPJS kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk BPJS kesehatan, Pemkab Simalungun telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 43 milyar ditampung dalam APBD kabupaten Simalungun.

“Ini cukup besar. Dan bukan hanya tahun ini dilakukan tapi tahun sebelumnya juga telah dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Ir Amran Sinaga MSi.

Oleh karenanya, Wakil Bupati Simalungun mengajak masyarakat untuk bersatu membangunan Simalungun khususnya dan sumatera utara pada umumnya. Dengan kebhinekaan masyarakat yang dimiliki Kabupaten Simalungun, mari kita junjung toleransi antar umat beragama.

Dalam kesempatan itu, M Kasan Damanik selaku tokoh masyarakat di Nagori Silampuyang menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang telah memberikan bantuan untuk kesejahteraan mesjid. “Terima kami ucapkan kepada Bapak Bupati Simalungun yang telah peduli terhadap Umat Islam di daerah ini,” ujarnya.

Terkait dengan semangat yang dilaksanakan oleh Bupati Simalungun, Kasan Damanik mengatakan, masyarakat siap mendukung program semangat baru untuk membangun Simalungun.

“Kami siap mendukung program semangat baru dari Pak Bupati untuk kemajuan Simalungun,” pungkasnya.

Sebagaimana hari sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh tim safari ramadhan di setiap kunjungannya ke mesjid, melaksanakan penyalurkan bantuan untuk kesejahteraan mesjid dan memberikan kartu BPJS kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.
Tampak hadir dalam kesempatan itu, Camat Siantar bersama Danramil Bangun, pangulu Silampuyang, Kapus Batu VI bersama para medis, tokoh agama dan tokoh amsyarakat serta masyarakat dan Tim X Safari Ramadhan Kabupaten Simalungun yang terdiri dari Mangedar Saragih SP, Hormauli Purba SP, M Afri Chan dan Ahim SP. (Rel/JFH)