Jadi Kapolri, Listyo akan Terima Panji Tribarta dari Idham Azis Siang Nanti

0
6
Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (tengah kiri) mendampingi Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah kanan) untuk mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). [ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta]
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Mabes Polri akan menggelar upacara serah terima jabatan Kapolri dari Jenderal Polisi Idham Azis kepada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (27/1/2021) siang ini. Rencananya upacara tersebut digelar di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Kebayoran Baru seusai Listyo dilantik Presiden Joko Widodo alias Jokowi di Istana Negara.

Hal itu disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan, Selasa (26/1) kemarin. Menurutnya upacara serah terima jabatan atau Sertijab itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ada penyerahan panji Polri Tribrata dari Kapolri lama ke yang baru pascapelantikan di Istana. Itu kegiatan di internal sini,” kata Rusdi.

DPR RI sebelumnya telah menyetujui dan menetapkan Listyo sebagai Kapolri baru pengganti Idham Azis dalam rapat paripurna pada Rabu (20/1) pekan lalu. Sebelum ditetapkan sebagai Kapolri baru, Listyo selaku calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi itu terlebih dahulu melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Jokowi rencananya akan melantik Listyo sebagai Kapolri pada pagi ini. Kabareskrim Polri itu pun nantinya akan naik pangkat menjadi Jenderal bintang empat setelah resmi menjadi Kapolri.

Namun, sebelumnya melantik Listyo, Jokowi rencananya akan terlebih dahulu melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap dua.

“Rencananya Bapak Presiden akan menerima vaksin tahap kedua besok Rabu (27/1), sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa, (26/1) kemarin.

“Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok, setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi,” imbuhnya.

 

Sumber : Suara.com