Beranda Nasional Jadi Menteri, Nadiem Makarim Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Jadi Menteri, Nadiem Makarim Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

75
0
REUTERS/Willy Kurniawan

Jakarta, buktipers.com – Co-Founder Gojek Nadiem Anwar Makarim akan menjadi menteri dalam kabinet Jokowi Jilid 2. Nadiem bahkan sudah mengundurkan diri sebagai CEO Gojek.

Baru berusia 35 tahun, Nadiem akan menjadi salah satu menteri termuda di kabinet. Meski muda, lulusan Harvard Business School ini terbilang sukses. Keberhasilannya membesarkan Gojek membuat dirinya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Pada 2018 lalu, Majalah Globe Asia merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Nama Nadiem masuk dalam daftar itu di posisi terakhir dengan nilai kekayaan mencapai 100 juta dolar AS, setara Rp1,4 triliun.

Lulus dari Brown University pada 2006, Nadiem bekerja di McKinsey & Co cabang Jakarta selama tiga tahun. Dia kemudian kuliah di Harvard dan meraih gelar MBA. Dari situ, dia menjadi Managing Editor Zalora Indonesia.

Baca Juga!  Ani Yudhoyono Dimakamkan di TMP Kalibata Minggu Siang Bakda Zuhur

Namun, kariernya di Zalora terhitung singkat. Bergabung pada 2011, dia bertahan di startup fesyen itu hanya 10 bulan saja. Nadiem merasa tidak betah bekerja dengan orang lain dan memilih merintis perusahaan sendiri.

Pada Maret 2011, dia bersama Kevin Aluwi mendirikan Gojek. Merintis Gojek, kata Nadiem, menjadi momen yang sulit. Di tengah rendahnya penetrasi internet saat itu, layanan yang dimiliki Gojek sangat terbatas.

Namun, bisnisnya perlahan berkembang hingga akhirnya memperoleh suntikan dana 550 juta dolar AS dari klub investor yang dipimpin oleh Northstar Group. Saat itu, valuasi Gojek dihargai 1,3 miliar dolar AS.

Perkembangan Gojek yang pesat menarik banyak investor untuk bergabung. Saat ini setidaknya ada 28 investor yang memiliki saham Gojek di antaranya Tencent, Google, Visa, Mitsubishi, dan Astra. Tidak diketahui porsi saham yang dimiliki Nadiem di Gojek setelah masuknya para investor.

Baca Juga!  Ketua Lami Lingga Akan Damping Warga  Laporkan Team DKTM Kepolisi.

Seri pendanaan Gojek kini memasuki tahap akhir (seri F). Dalam 12 seri, Gojek telah meraih total pendanaan 3,1 miliar dolar AS dengan nilai valuasi saat ini mencapai 10 miliar dolar AS. Hal itu membuat Gojek menyandang status sebagai decacorn.

 

Sumber : iNews.id

 

Loading...