Jalan Perbatasan Lampung Rusak Parah, Begini Jawaban Dinas PUPR Okus

0
411
Kondisi jalan menuju perbatasan Lampung tepatnya di tanjakan Tebing Giham, Desa Sinar Napalan, sudah rusak parah.(foto/suardi)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Oku Selatan (Sumsel)

Kondisi jalan menuju perbatasan Lampung tepatnya di tanjakan Tebing Giham, Desa Sinar Napalan, sudah rusak parah dan sangat dikeluhkan warga Kecamatan Buay Pemaca. Namun hingga akhir 2018 ini, jalan yang sudah rusak berat itu tidak juga diperbaki pemerintah setempat.

Seorang warga setempat, Mak’rub warga, menyampaikan kekhawatirannya melihat kerusakan jalan tesebut.

“Kami sangat kesusahan mengendalikan kendaraan di jalan itu, kondisi jalannya sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilalu,” ujarnya, Selasa (18/12/2018).

Jalan rusak katanya bukan hanya di tanjakan Tebing Giham, tapi di sepanjang jalan menuju perbatasan Lampung, tepatnya dari Dusun Mangumah, Desa Sinar Napalan sampai ke perbatasan Lampung kondisinya juga sudah rusak berat.

“Kami masyarakat Kecamatan Buay Pemaca mengharapkan kepada pihak pemerintah daerah Kabupaten Oku Selatan, khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mengerti dengan keluhan kami pengguna jalan ini,” ungkapnya.

Keluhan bukan hanya dari warga setempat, Karzi selaku Kepala Desa Sinar Napalan juga menyampaikan keluhan yang sama.

Kepala Desa itu sangat mengharapkan agar jalan lintas tersebut segera diperbaiki oleh pemerintah daerah.

Masih menurut Kepala Desa Sinar Napalan, sejak jalan itu rusak berat, petani dari desanya mengalami kesulitan mengangkut hasil panen.

“Kami mengharapkan, kepada pemerintah Kabupaten Oku Selatan, agar tahun 2019 nanti bisa merealisasikan pembangunan jalan yang menjadi kendala bagi masyarakat kami,” kata Kepala Desa itu.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Okus, A.Farid Efendi ST melalui Kepala Bidang Bina Marga, Armada Sazuli ST kepada Buktipers.com memberikan alasan kenapa jalan yang dikeluhkan warga itu belum juga diperbaiki.

Diakuinya, Pemkab Oku Selatan dalam hal ini Dinas PUPR sudah lama merencanakan kelanjutan pembangunan jalan di Desa Sinar Napalan perbatasan Lampung itu.

Namun masalahnya, ujar dia, terkendala di anggaran. Sebelumnya sudah dilaksanakan pembangunan cor beton di desa itu, tetapi hanya sampai batas Dusun Mangumah.

Rencananya tahun 2019 kata Armada, Pemkab Oku Selatan kembali akan melanjutkan pembangunan di wilayah perbatasan tersebut.

“Tentunya dengan menggunakan Angaran Belanja daerah ( APBD) tahun Anggaran 2019 nanti,” ujar Armada.(Suardi)

 

Editor : Maris