Jelang Natal, DPD – RI Tinjau Pelabuhan Tigaraja

0
287
Anggota DPD RI Tinjau Pelabuhan Tigaraja,
Dijual Rumah

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Parlindungan Purba, SH, MM, Anggota  DPD RI Komite II yang membidangi Perhubungan meninjau kesiapan Dinas Perhubungan menjelang hari Natal dan Tahun Baru (Natura) di Pelabuhan Tigaraja Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun, Jumat (21/12/2018).

Pemeriksaan itu, dihadiri Kepala UPTD Dinas Perhubungan Pempropsu, TB Simanjuntak, pelaku usaha perkapalan Tigaraja dan perwakilan Badan Otorita Danau Toba (BODT).

Parlindungan Purba mengatakan dengan adanya syahbandar membuat masyarakat semakin nyaman dalam menggunakan transportasi Danau.

Mengingat pernah terjadi bencana tenggelamnya KM Sinar Bangun di Tiga Ras yang masalahnya adalah Kesyahbandaran di kawasan Danau Toba.

Diakuinya, memang sudah ada Unit Pelayanan Teknis Terpadau (UPTD) di Tiga Raja namun sekelas UPTD tidak cukup untuk mengawasi kapal dan harus di back up oleh syahbandar.

Dikatakan Parlindungan, sebaiknya di Pelabuhan Kapal Danau Toba sudah tersedia syahbandar yang mewakili pemerintah untuk menginjinkan, mengawasi, mengevaluasi kelayakan kapal di kawasan Danau Toba.

“Ini harus dipersiapkan, sehingga tidak terjadi bencana seperti yang dialami KM Sinar Bangun beberapa bulan lalu. Khusunya di musim saat ini banyak penumpang dan di pelabuhan tiga raja sudah harus ada toilet umun,”terangnya.

Dalam kunjungannya, Parlindungan Purba langsung berkoordinasi dengan Kepala (UPTD) Dishub Pemprovsu Pelabuhan Tigaraja TB Simanjuntak untuk meninjau persiapan dan kelengkapan alat keselamatan penumpang di Pelabuhan Tigaraja.

Sementara itu TB Simanjuntak dihadapan Parlindungan Purba mengakui secara terisolasilir belum melihat syahbandaran di Danau Toba. Namun menurut informasi dari kantor pusat, telah menghunjuk keberadaan syahbandar di kawasan Danau Toba. Dan Menhub telah meminta daftar pembantu-pembantu syahbandar dari setiap Pelabuhan keberangkatan kapal dari tiap Pelabuhan di Danau Toba.

Diterangkannya, dalam hal manifest, penumpang kapal di Pelabuhan Tigaraja sudah lengkap, identitas penumpang di setiap keberangkatan kapal sudah dicatat di pos yang telah disediakan di pelabuhan.

Diungkapkannya untuk saat ini kenyamanan penumpang di Pelabuhan Tiagaraja sudah meningkat, alat keselamatan jaket pelampung sudah disediakan di setiap kapal sesuai dengan jumlah penumpang. (Stg)

Editor : AndiGa