Jelang Pilkada 2020, Ketua DPC AJOI Lingga Instruksi Seluruh Anggota Netral

0
22
Pengurus DPC AJOI Lingga, saat menggelar pertemuan dengan para anggota, di sekretariat AJOI Lingga, Jl. Eks Perusahaan Timah Persero Dabo Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (1/9/2020) siang tadi, sekira pukul 11.30 WIB.

Lingga, buktipers.com – Terkait akan dilaksanakannya Pilkada 2020 mendatang, Ketua Dewan Perwakilan Cabang Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (DPC AJOI) Lingga menegaskan, bahwa DPC AJOI Lingga posisinya netral dan independen.

“Saya berharap kepada seluruh rekan-rekan wartawan atau media yang tergabung dalam organisasi AJO Indonesia Lingga, mampu mengemban tugas sebagai jurnalis yang netral dalam liputan pemberitaan di masa-masa Pilkada 2020,”ucap Zulkarnaen S.Pdi, Ketua DPC AJOI Lingga, di hadapan anggota yang hadir dalam ruang pertemuan sekretariat AJOI Lingga, Jl. Eks Perusahaan Timah Persero Dabo Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (1/9/2020) siang tadi, sekira pukul 11.30 WIB.

Menurutnya, hal itu sangat perlu dipublikasikan, guna menampik segala penafsiran masyarakat, terkait arah atau sikap DPC AJOI Lingga, dalam masa pesta politik yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 nanti.

“Sekali lagi saya berharap kepada semua rekan terus menjaga etika sebagai jurnalis yang benar-benar independen, dan menjalankan tugas kontrol sosial, tidak memihak, dan tutup mata, jika nanti ada temuan kejanggalan yang dilakukan setiap kandidat yang akan bertarung di Pilkada Kabupaten Lingga ini,”ujarnya.

Usai memberikan pencerahan, ditemui di ruang kerjanya, Zulkarnaen kembali menjelaskan, “Terkait beberapa hari belakangan ini, ada personil DPC AJOI yang hadir pada momen atau event, seperti kegiatan perlombaan di Singkep Pesisir yakni jalan santai, perlombaan sampan layar di Desa Kuala, Kecamatan Singkep Barat. Termasuk juga kegiatan Festival Napau Beach 2 di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan, itu adalah dalam konteks sebagai jurnalis yang bekerja meliput kegiatan. Khususnya Festival Napau Beach 2 tersebut, panitia pelaksananya mengundang DPC AJOI, melalui saya (Ketua DPC AJOI Lingga-red) yang diundang secara resmi pada waktu itu. Makanya kami hampir semua hadir di sana,”ungkapnya.

Dengan adanya sikap DPC AJOI Lingga dalam menghadapi Pilkada Lingga mendatang, maka diharapkan semua lapisan masyarakat, dapat memahami posisi DPC AJOI Lingga yang bersikap netral serta independen. Serta akan berusaha menjaga keteduhan suhu kontestasi demokrasi di Bumi Bunda Tanah Melayu, tutupnya.

(Dl/Zul)