Jemput APBN 2022, Bupati Lingga Temui Wakil Ketua DPR RI

0
31
Bupati Lingga, Muhammad Nizar menemui Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, di Jakarta, Sabtu (18/09/2021).
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar menemui Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, di Jakarta, Sabtu (18/09/2021).

Tujuan pertemuan tersebut, untuk menyampaikan secara tertulis usulan-usulan/program-program prioritas Kabupaten Lingga dalam struktur kerangka APBN 2022.

“Selain usulan yang sudah kami sampaikan ke bapak gubernur lewat provinsi, untuk menjemput anggaran di pemerintahan pusat. Kami juga berusaha mendongkrak infrastruktur dari APBN lewat bapak Rachmat Gobel. Dan Alhamdulillah beliau membuka laluan itu sebagai relasi kami ke pusat. Jadi kami tidak hanya berfokus pada satu jalur saja untuk peningkatan pembangunan di Lingga,” jelas Muhammad Nizar.

Dia yang turut ditemani wakilnya, Neko Wesha Pawelloy juga menyampaikan langkah yang diambil adalah tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan yang dilakukan sebelumnya. Memang prioritas tahun 2022, pembangunan di Kabupaten Lingga masuk dalam kerangka anggaran APBN.

“Mudah-mudahan upaya kami, yang langsung menjemput bola ini dapat terealisasi nantinya, untuk Kabupaten Lingga,” jelas dia.

Nizar juga mengucapkan terimakasih atas atensi Rachmat Gobel yang telah merespon positif kedatangan rombongan mereka di ruang kerja. Bahkan usulan-usulan disampaikan secara tertulis dalam bentuk proposal tersebut, kemudian secara langsung disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI tersebut kepada kementerian terkait.

Ketua RG Peduli Wilayah Kepri, Erwan Bacharani yang turut mendampingi kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Lingga ke ruang kerja legislatif RI tersebut, mengatakan, kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Lingga merupakan agenda tindak lanjut atas beberapa pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebagai perpanjangan tangan dari Rachmat Gobel, menurut Erwan selumnya memang Pemerintah Kabupaten Lingga diminta untuk mengusul sejumlah program-program prioritas yang bisa dibantu lewat APBN 2022 oleh Rachmat Gobel.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menemui Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, di Jakarta, Sabtu (18/09/2021).

“Usulan itu dikemas dengan baik dalam bentuk proposal secara tertulis setelah melalui mekanisme dan rapat-rapat OPD-OPD, yang telah berlangsung beberapa kali di Gedung Daerah Dabosingkep,” jelas dia.

Menurut Erwan, ada beberapa poin-poin usulan yang menjadi prioritas infrastruktur Kabupaten Lingga, dari anggaran APBN 2022.

Dibidang Perhubungan, pemerintah Kabupaten Lingga memprioritaskan pada pembangunan/revitalisasi Pelabuhan Jagoh yang sudah ada DED-nya, dengan pagu anggaran yang di usulkan berkisar Rp 156 miliar.

Dibidang Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Lingga mengusulkan agar event Tamaddun Melayu Antar Bangsa masuk pada agenda pariwisata nasional. Pada infrastruktur, pemerintah daerah membicarakan revitalisasi Tugu Khatulistiwa yang sebelumnya telah dilakukan komunikasi baik itu dengan Pemprov maupun Bappenas.

“Dan secara umum untuk pariwisata di Lingga akan dievaluasi oleh beliau (Wakil Ketua DPR RI) dengan pemerintah daerah, jika memungkinkan bisa saja melibatkan pihak ketiga atau investor. Jadi tidak fokus pada dana APBD maupun APBN, karena memang untuk tahun depan anggaran masih banyak terkonsentrasi pada penanganan covid-19,” papar dia.

Kemudian di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Lingga mengusulkan rencana pemanfaatan sagu, dan disarankan agar segera menjalin mitra dengan salah satu perusahaan yang ada di Bangka Belitung untuk peningkatan produktivitasnya. Kemudian dilanjutkan dengan program pertanian sentra tanah putih yang merupakan tindak lanjut dari program pemerintahan sebelumnya.

Begitupun di bidang peternakan, Lingga mengusulkan program pulau Karantina sapi dan kambing di Pulau Bakung, agar menjadi perhatian serius pemerintah pusat.

Lanjut di bidang Perikanan, Kabupaten Lingga lebih konsentrasi pada program budidaya ikan, baik ikan air tawar maupun ikan air asin. Kemudian fokus budidaya udang vaname yang direncanakan untuk 50 Desa di Kabupaten Lingga yang telah terkonsep dari Dinas Perikanan.

“Kemudian ada komitmen dari bapak Rachmat Gobel, untuk revitalisasi bengkel implasmen timah dan taman di gedung daerah. Yang direncanakan tahun depan pembangunan rehabnya dari anggaran pribadi beliau,” terang dia.

Terkait semua usulan tersebut, menurut Erwan akan sesegara mungkin disampaikan ke kementerian terkait. “Jadi akan ada lagi agenda-agenda pertemuan berikutnya dengan Rachmat Gobel,” papar Erwan.

 

(Rel/DL)