Joe Biden Bisa Menang Pilpres AS Bila Juara di Pennsylvania atau Georgia

0
10
Joe Biden (AP Photo/Paul Sancya)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Dua negara bagian di Amerika Serikat (AS) ini menjadi penentu pemenang Pilpres AS 2020, apakah Joe Biden atau Donald Trump. Melihat keunggulan Joe Biden sementara ini, dia bisa menang Pilpres bila juara di dua negara bagian ini.

Dua negara bagian ini adalah Pennsylvania dan Georgia. Hingga berita ini diunggah, Sabtu (7/11/2020) 00.08 WIB, penghitungan suara di dua negara bagian AS itu masih terus berlangsung.

Ada 538 electoral vote yang diperebutkan para capres. Butuh 270 electoral votes (lebih dari setengah total electoral votes) untuk memenangkan pilpres AS.

Sementara saat ini menurut Associated Press dan Fox News, Biden telah meraup 264 electoral votes.

Pennsylvania punya 20 electoral votes. Bila Biden menang di Pennsylvania maka dia bakal meraup 284 electoral votes alias melampaui syarat 270 electoral votes untuk menang Pilpres AS.

Georgia punya 16 electoral votes. Bila Biden menang di Georgia, maka dia bakal meraup 280 electoral votes, atau sama artinya melampaui syarat 270 electoral votes untuk menang Pilpres AS.

Lain cerita bila Donald Trump yang menang, maka Joe Biden tidak akan melampaui syarat 270 electoral votes untuk menang Pilpres AS. Dilansir Associated Press, Donald Trump meraup 214 electoral votes sampai saat ini.

“Presiden tidak dapat memenangkan pemilihan tanpa Pennsylvania dan tanpa Georgia. Semalam, Georgia berubah biru. Beberapa detik yang lalu, Pennsylvania berubah menjadi biru,” ujar John King, wartawan CNN.

 

Sumber : detik.com