Jutaan Ekor Udang dan Berbagai Jenis Ikan Tampak Mabuk di Sungai Bedagai

0
2091
Jutaan ekor udang dan ikan berbagai jenis tampak stres (mabuk), mengambang di sepanjang Sungai Bedagai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Sabtu (4/4/2020) pagi tadi, sekitar pukul 06.00 WIB.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Jutaan ekor udang dan ikan berbagai jenis tampak stres (mabuk), mengambang di sepanjang Sungai Bedagai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Sabtu (4/4/2020) pagi tadi, sekitar pukul 06.00 WIB.

Udang dan ikan yang bermunculan itu langsung diambili puluhan warga sekitar sungai itu.

Wak Jon, warga jalan Pemuda, Desa Pekan Tanjung Beringin mengatakan, kejadian seperti ini sudah sering terjadi, di Sungai Bedagai. Bahkan dalam setahun, bisa dua hingga tiga kali, katanya.

Menurutnya, udang dan ikan itu stres diduga kuat akibat limbah pembuangan salah satu perusahaan, di luar Kecamatan Tanjung Beringin.

Sementara itu, M Yusuf, warga Dusun IX Desa Pekan Tanjung Beringin, menunjukkan 2 kg lebih udang, hasil tangkapannya di Sungai Bedagai.

Selain udang, banyak lagi jenis ikan yang depresiasi, seperti ikan bawal, ikan duri, ikan baung, ikan dundung.

“Namun kita sangat menyayangkan, mengapa bisa terjadi seperti ini. Karena dalam setahun ini, sudah ada dua kali kejadian seperti ini di Sungai Bedagai, bahkan setiap tahun pasti ada, “kata Yusuf.

Warga Tanjung Beringin berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup Sergai, agar merespon dan bertindak tegas kepada perusahaan yang diduga sengaja membuang limbah ke Sungai Bedagai ini.

“Selain membuat udang dan ikan stres karena limbah tersebut, juga mengganggu kesehatan manusia. Karena masih banyak masyarakat Tanjung Beringin yang memanfaatkan air Sungai Bedagai untuk keperluan mandi, dan membuat kulit jadi gatal-gatal,”ungkapnya.

 

(ML.hrp)