Kabupaten Labuhanbatu Juara Pertama Penilaian NIS-BPC 2021

0
5
Kabupaten Labuhanbatu Juara Pertama Penilaian NIS-BPC 2021.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Kabupaten Labuhanbatu ditetapkan sebagai juara pertama penilaian NIS-BPC 2021 dalam Rancangan Pembangunan Jalan dan Jembatan Kawasan Pariwisata Panai Natural and Historical Park, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan penyusunan dokumen studi pendahuluan tersebut digagas oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara bersama Tim Teknis Nort Sumatera Invest (NSI) memulai Rangkaian kegiatan Nort Sumatera Invest Business Profile Challange (NSI-BPC) sejak 4 Mei 2021.

Pj Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang diwakili Kaban Bappeda Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti mengatakan, pemenang diumumkan secara daring via zoom meeting.

Kabupaten Labuhanbatu, kata Hobbol Rangkuti, mendapat penilaian tertingi disusul Kota Medan sebagai peraih juara dua dengan rancangan pemanfaatan teknologi refuse derived Fuel dalam pengelolaan sampah di Medan.

Selanjutnya keluar sebagai juara ke tiga, Kota Binjai dalam pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Kota Binjai.

Diurutan ke empat Kota Pematangsiantar dalam pembangunan tempat pengelolaan sampah terpadu dan tempat pemrosesan akhir sampah Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar, dan kabupaten Karo diposisi ke lima dengan Rancangan Pembangunan RSUD Kaban Jahe Kabupaten Karo.

Kaban Bappeda Labuhanbatu, Hobbol Z Rangkuti, mengucapkan terima kasih atas penilaian dari Tim Penilai, yakni Bank Indonesia, Bappenas, Akademis (USU) dan seluruh Tim dari Pemkab dalam penilaian proposal Panai Natural, and Historical Park, khususnya untuk Jalan dan Jembatan.

Menurutnya, ini merupakan keberhasilan Kabupaten Labuhanbatu tahap awal. Untuk tahap selanjutnya, kata Hobbol, membangun kerjasama melalui PKBU (Perjanjian Kerjasama pemerintah dan Badan Usaha) yang akan difasilitasi Bank Indonesia bersama Bappenas dalam pelaksanaan grand design studi kelayakan dan rincian dana yang dibutuhkan maupun teknis pelaksanaan.

Kaban Bappeda berharap kepada seluruh OPD terkait dapat bekerjasama dengan baik. Dirinya juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Pesisir Labuhanbatu agar dapat berpartisipasi untuk kelancaran program investasi ini.

 

(Syafii Harahap)