Kabupaten Nias Barat jadi Daerah Pertama Zona Hijau di Sumut

0
2
Ilustrasi Corona, (Net)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Satgas Penangann Covid-19 Pusat menetapkan Kabupaten Nias Barat menjadi zona hijau untuk penyebaran Covid-19.

Penetapan tersebut menjadikan kawasan tersebut satu-satu daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang masuk ke zona hijau penyebaran Covid-19.

Penetapan zona hijau ini tertuang dalam peta risiko penyebaran Covid-19 yang dirilis Satgas Covid-19 pusat melalui laman https://covid19.go.id/peta-risiko.

Dalam peta risiko tersebut, 32 kabupaten/kota lainnya di Sumut masih berada di zona kuning penyebaran Covid-19.

Penetapan status zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan melalui epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya sesuai update pertanggal November 2021.

Sementara itu, berdasarkan data milik Pemprov Sumut pertanggal 4 November 2021, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Nias Barat sudah nihil.

Tidak ada penambahan kasus baru juga tercatat di  Nias Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Gunung Sitoli, Tebingtinggi, Samosir dan Batubara, hanya saja ketujuh daerah ini masih ditetapkan sebagai zona kuning.

Sementara itu, di Sumut saat ini bertambah sebanyak sembilan kasus Covid-19 menjadi  105.911 orang. Kemudian untuk kasus sembuh bertambah 14 kasus, menjadi 102.808 orang.

Sedangkan untuk kasus kematian, totalnya masih bertahan di angka 2.889 orang. Sementara kasus aktif Covid-19 tercatat sebanyak 214 orang.

 

Sumber : iNews.id