Kabur ke Batam, Polsek Tanjung Beringin Berhasil Amankan 2 Pelaku Pembakar Rumah

0
250
Foto kedua tersangka dengan tangan diborgol saat di Polsek Batam Kota.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Dua tersangka pelaku pembakaran rumah, milik Khairul Sah alias Ongah (29), berhasil ditangkap Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Tanjung Beringin, Polres Serdang Bedagai (Sergai), di kawasan Kota Batam, Rabu (2/12/2020) malam lalu,  pukul 19.00 WIB.

Kedua tersangka adalah Anto (37) dan Nanda (20), warga Dusun II Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, di dampingi Kapolsek Tanjung Beringin, AKP M. Napitupulu S.Pd, kepada wartawan, Kamis (3/12/2020), mengatakan, bahwa penangkapan kedua tersangka, lantaran diduga melakukan tindak pidana pembakaran rumah milik korban yang terjadi, Selasa (16/6/2020) lalu, sekitar pukul 16.30 WIB.

Selanjutnya, korban melaporkan peristiwa itu ke Polsek Tanjung Beringin, sesuai LP/34/VI/YAN.2.6./2020/SU/RES SERGAI/ SEK TANJUNG BERINGIN tanggal 16 Juni 2020.

Selanjutnya, Tim Opsnal Polsek Tanjung Beringin, menyelidiki keberadaan para pelaku yang kabur, usai melakukan tindak pidana pembakaran tersebut.

Akhirnya keberadaan mereka diketahui, dan bersama dengan Team Opsnal Polsek Batam Kota dan Polsek Bengkong Polresta Balerang, Polda Kepulauan Riau, meringkus keduanya.

Kronologis penangkapan tersangka, ungkap Kapolres, yaitu pada Rabu (2/12/2020), pukul 09.00 WIB,  Team Opsnal Polsek Tanjung Beringin, tiba di Polsek Batam Kota, lalu berkoordinasi dengan Kapolsek Batam.

Kemudian Team Opsnal Polsek Tanjung Beringin, bersama dengan Team Opsnal Polsek Batam Kota, menuju ke arah wilayah hukum Polsek Bengkong yang mana dari informasi yang didapat personel, bahwa kedua tersangka di sana.

Tersangka Anto sedang berdagang es tebu, dan setibanya tim gabungan, di Hujasera Golden King, Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Tim gabungan mengintai keberadaan kedua tersangka, di tempat jualan es tebu, dan sekitar pukul 15.00 WIB, petugas melihat tersangka Nanda, di kedai es tebu milik Anto.

Kemudian petugas mengintai dan mengikuti tersangka Nanda dan sekitar pukul 17.00 WIB, tim gabungan bertemu dan berkordinasi dengan tim opsnal Polsek Bengkong.

Lalu, petugas mengikuti istri tersangka Anto yang sedang menuju ke rumah sewa yang bertempat di komplek YKB. Blok F No. 1, Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Dan sekira pukul 19.00 WIB, tersangka Anto terlihat di depan rumahnya, dan langsung dibekuk.

Kemudian, tim juga mengamankan Nanda, di kedai es tebu, di Hujasera Golden King.

Selanjutnya, kedua tersangka dibawa dan diamankan ke Polsek Batam Kota dan selanjutnya diboyong ke wilayah hukum Polda Sumut, Polres Sergai, Polsek Tanjun Beringin guna proses penyelidikan dan penyidikan.

“Tersangka diduga melakukan kejahatan yang mendatangkan bahaya bagi keamanan umum manusia atau barang (pembakaran rumah), sebagaimana dimaksud dalam pasal 187 angka ke 1e dan angka ke 2e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” pungkas Kapolres.

 

(ML.hrp)