Kades Muara Pea Ragukan Warganya Mencuri Sawit, Menganjurkan Diselesaikan dengan Perdes  

0
483
Barang bukti buah sawit dan peralatannya.(foto/nsr)
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Aceh Singkil (Aceh)

Kepala Desa (Kades) Muara Pea, Samo (48), meragukan warganya ada terlibat mencuri buah sawit, dan menganjurkan agar masalahnya diselesaikan dengan Perdes.

Hal itu dikemukakan Kades Muara Pea, Senin (26/11/2018) menanggapi adanya disebut-sebut empat orang warga desanya melakukan pencurian buah sawit, tapi pencurinya tidak berhasil ditangkap dengan alasan melarikan diri.

Keempat pelaku yang disebut melarikan diri, berinisial RL, SM, DL, dan MD, penduduk Desa Muara Pea.

Namun Kades Muara Pea itu masih meragukan tuduhan terhadap warganya itu, dan dengan tegas meminta agar dugaan pencurian itu sebaiknya diselesaikan di desa.

“Benar atau tidak warga saya pelakunya?” ujar Kades mempertanyakannya.

Apalagi kata dia, pelakunya tidak tertangkap tangan, dan barang bukti cuma sawit dua TBS, satu buah argo dan satu pisau egrek yang terletak, sedangkan orangnya tidak ada.

“Kalau memang warga saya pelakunya, nanti saya panggil dan diselesaikan di desa secara tertulis sesuai Perdes,” jelasnya.

Menurut informasi, ketika petugas security dan PAM hendak menangkap pelaku, namun tidak berhasil. Sementara keterangan PAM menduga, pelaku tersebut benar warga Desa Muara Pea dan sudah dikenali.

Menurut Sekretaris LSM Perlahan Ayub Bancin, bahwa dugaan pencurian itu belum pasti dilakukan warga desa, karena barang bukti tidak lengkap, artinya cuman pihak security yang melihat, itu pun jarak jauh dan tidak tertangkap tangan.

Saran dia, selagi masih bisa diselesaikan di desa sesuai dengan aturan yang ada, mengapa harus diperpanjang ke penegak hukum?(nsr)

 

Editor : Maris