Kadiskum Lantamal lV Menjadi Narasumber di Umrah

0
5
Kadiskum Lantamal lV menjadi narasumber di Umrah.
Dijual Rumah

Tanjungpinang, buktipers.com – Kepala Dinas Hukum Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Kadiskum Lantamal IV), Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha Ramdani, S.H., M.H., M.M., M. Tr. Hanla, menjadi pembicara, di Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang yang diadakan secara virtual.

Nama kegiatannya “Podcast Anggota Komunitas Pidana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik UmrahTanjungpinang”, Jumat siang (19/2/2021).

Sedangkan temanya “Peranan Lantamal IV Dalam Proses Penyidikan di Wilayah Perairan Indonesia”.

Kadiskum Lantamal IV menyampaikan “Tugas pokok TNI khususnya TNI Angkatan Laut serta dasar/landasan hukum bagi TNI Angkatan Laut selaku penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut”.

“Indonesia sebagai negara maritime, di mana luas perairan yang melebihi dari pada luas daratan, rentan terjadinya ancaman kedaulatan dan terjadinya tindak pelanggaran maupun tindak pidana tertentu di laut,” tutur Kadiskum Lantamal IV.

Dia juga mengatakan “Wilayah kerja Lantamal IV bila ditinjau dari komponen strategis geografis, posisinya sangat  memiliki nilai tawar dalam sudut pandang geopolitik lingkungan strategis baik secara regional maupun global”.

“Hal ini disebabkan wilayah kerja Lantamal IV merupakan wilayah yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga, yaitu negara Vietnam, Singapura dan Malaysia serta adanya ALKI I,”tambahnya.

Selain itu, di wilayah kerja Lantamal IV, terdapat Selat Malaka dan Selat Singapura yang digunakan sebagai pelintasan berbagai jenis kapal dari berbagai Negara, sehingga perairan tersebut merupakan Sea Lanes of Comunication (SLOC) dan Sea Lanes of Oil Trade (SLOT) dunia yang sangat vital bagi dunia Internasional, pungkasnya.

Kegiatan ini, diikuti langsung oleh sebagian perwakilan Mahasiswa secara virtual sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid – 19. Dalam pemberian materi,  Kadiskum Lantamal IV juga memberi kesempatan untuk tanya jawab dua arah. Tujuannya untuk memastikan materi yang sudah diberikan dapat dimengerti dan dipahami oleh para Mahasiswa.

 

(Zul)