Kantor Pertanahan Aceh Singkil Sosialisasi PTSL

0
304
Kantor Pertanahan kabupaten Aceh Singkil, sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL),di Mesjid Desa Ketapang Indah, Senin (1/4/2019).
Dijual Rumah

Buktipers.com – Aceh Singkil

Kantor Pertanahan kabupaten Aceh Singkil, sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL),di Mesjid Desa Ketapang Indah, Senin (1/4/2019).

Salihin mengatakan, solisasi pendaftaran pengurusan sertifikat ini, merupakan program pemerintah pada tahun 2019 ini.

Ini juga bertahap, tidak keseluruhan dapat jatah, katanya menambahkan.

Adapun perogram pengurusan sertifikat ini, hanya di lima kecamatan, paling banyak di Singkil Utara.

Gunung Mariah terdapat di 10  desa. Desa Hasan Tola, Pulau Sarok, Ketapang Indah, Gosong Telaga Barat, Teluk Nibung, Kampung Baru, Tanah Bara, Pulo Sarok dan lainnya.

Sertifikat ini gratis dari pemerintah, tanpa dipungut biaya, tegasnya.

Zakir SH selaku Kasi Hubungan Hukum, mangatakan, untuk mendapatkan sertifikat harus menyiapkan surat keterangan kepemilikan tanah dari kepala desa setempat. Ditambah dengan surat lunas pajak bumi bangunan (PBB) dan juga  kartu KTP, katanya.

Sistem memdapatkan sertifikat, sifatnya bervariasi dari 4 hektar  sampai satu 1 hektar. Ini merupaka ketentuan, ujarnya.

Kami minta pada kepala desa, segera mengumpukan surat – surat warga agar kami dari pihak Pertanahan dapat melakukan pengukuran ke lokasi, seperti kebun kelapa sawit dan perkarangan perumahan, himbaunya.

“Apabila ada bapak – bapak telah membeli tanah sistem di kapling dari seseorang yang di atas tanahnya yang sudah bersertifikat, itu namanya sertifikat induk. Perosesnya harus dipecah sebagai pengurusan sertifikat, jelasnya.

Pemecahan sertifikat dimaksud, tidak masuk dalam program gratis karena besifat perseorangan, ungkapnya.

(sahman m)