Kapal Asing Berbendera Singapura Ditangkap di Perairan Batam

0
2
Kapal asing jenis Tugboat berbendera Singapura usai ditangkap di perairan Batam karena tak memiliki izin beraktivitas laut Indonesia. Foto: iNewsTV/Gusti Yennosa
Dijual Rumah

Batam, buktipers.com – Kapal asing jenis Tugboat berbendera Singapura ditangkap di perairan Batam karena tak memiliki izin beraktivitas laut Indonesia.

Penangkapan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam dan pangkalan KPLP Tanjung Uban.

Humas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Aina Solmidas saat dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini kapal tersebut sudah diamankan di Pelabuhan Bintang 99.

“Memang sudah kita amankan beberapa waktu lalu. Saat ini kapalnya sudah dalam pengawasan kita,” katannya, Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, Kabid KBPP KSOP Khusus Batam, Hamir Makbul yang ditemui di Pelabuhan Bintang 99 mengatakan, permasalahan ini dikarenakan Tug Boat An Ding menyalahi aturan perizinan.

“Kapal berbendera Singapura ini seharusnya tidak boleh melakukan kegiatan selama belum memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Dia menambahkan, saat diamankan, Kapal An Ding ini sedang membantu kapal lainnya melakukan kegiatan Ship to Ship di perairan Indonesia.

“Harusnya kapal An Ding tidak bisa beroperasi sebelum melengkapi segala dokumen sebagai persyaratan berkegiatan di perairan Indonesia,” tegasnya.

Untuk prosesnya, tim KSOP akan melakukan pemeriksaan oleh PPNS.

“Disana akan kita gali seperti apa permasalahannya,” sebut dia.

Sejauh ini, kapal tersebut diamankan karena menggunakan bendera asing untuk bekerja di Indonesia.

“Pastinya ini sangat menyalahi aturan,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, kapal yang TugBoat An Ding sejauh ini sudah berada di Pelabuhan Bintang 99.

Kapal tersebut untuk sementara disandarkan di sana dan dalam pengawasan penuh oleh petugas Kementerian Perhubungan, KSOP khusus Batam dan Pangkalan KPLP sudah berada dilokasi kapal yang ditangkap.

 

Sumber : Sindonews.com