Kapal Perang Nazi yang Tenggelam 80 Tahun Lalu Ditemukan Secara Tak Sengaja

0
6
Kapal perang Nazi ditemukan di kedalaman 490 meter dekat pelabuhan Norwegia (Foto: AFP)

Oslo, buktipers.com – Kapal perang milik Nazi Jerman yang tenggelam setelah terkena torpedo di lepas pantai Norwegia pada 1940, ditemukan secara kebetulan.

Kapal itu ditemukan di kedalaman 490 meter saat petugas perusahaan listrik memeriksa jaringan kabel bawah laut pada Juni lalu.

“Kadang-kadang kami menemukan peninggalan bersejarah. Tapi saya tidak pernah menemukan sesuatu yang semenarik ini,” kata kepala engineer operator jaringan listrik Statnett, Ole Petter Hobberstad, dikutip dari AFP, Jumat (11/9/2020).

Kapal Angkatan Laut (AL) Jerman, Karlsruhe, berukuran 174 meter ikut serta dalam invasi Norwegia selama Perang Dunia II. Namun kapal itu dihantam oleh artileri Norwegia kemudian terkena torpedo dari kapal selam Inggris pada 9 April 1940.

Oleh karena rusak parah, kapal tersebut ditenggelamkan oleh kapten AL Jerman tak jauh dari pelabuhan Kristiansand, ujung selatan Norwegia.

Sebenarnya, 3 tahun lalu sonar kapal Statnett mendeteksi adanya bangkai kapal tak dikenal dekat kabel tegangan tinggi yang membentang antara Norwegia dan Denmark. Hanya saja saat itu teknisi perusahaan tidak punya waktu untuk menyelidikinya.

Namun pada 30 Juni, setelah terjadi badai di daerah tersebut, satu tim dikirim untuk memeriksa bangkai kapal menggunakan alat penyelam yang dioperasikan dari jarak jauh atau ROV.

ROV menunjukkan gambar bangkai kapal besar Nazi teronggok dengan jarak hanya 15 meter dari kabel. Terlihat jelas di layar meriam dan simbol Nazi.

Museum Maritim Norwegia kemudian mengonfirmasi tidak ada keraguan lagi bahwa bangkai kapal itu merupakan Karlsruhe milik Nazi. Kapal berada sekitar 13 mil laut dari Kristiansand.

Posisinya saat ditemukan berdiri tegak di dasar laut, sebuah pemandangan langka untuk kapal perang dengan pusat gravitasi tinggi.

Berdasarkan catatan sejarah, kapal Karlsruhe dibuat di Kiel, Jerman utara, dan diluncurkan pada 1927.

 

Sumber : iNews.id