Kapal Tongkang Tabrak Dermaga di Sungai Musi, Ini Kata Polairud Palembang

0
7
Tangkapan layar video amatir detik-detik kapal tongkang batu split menabrak Dermaga UPTD Tangga Buntung perairan Sungai Musi, Palembang, Sumtera Selatan. (ANTARA/HO)
Dijual Rumah

Palembang, buktipers.com – Kapal tongkang menabrak dermaga di perairan Sungai Musi, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam peristiwa ini, Dermaga UPTD Tangga Buntung dan lima kapal jukung yang sedang bersandar rusak.

Kasat Polairud Polrestabes Palembang Kompol Dedi Ardiansyah mengatakan, saat ini masih dalam penyelidikian petugas untuk mengungkap penyebab kejadian tersebut.

“Ya, penyebabnya masih dalam proses lidik Polairud bersama KSOP (Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kota Palembang,” ujar Dedi, Jumat (26/8/2022).

Dia menjelaskan, untuk sementara ini diketahui kapal tongkang bernomor seri KLM 300-05 berlayar mengangkut Batu Split dari arah Pulau Kemaro menuju Dermaga Kertapati, Palembang, Kamis (25/8/2022).

Dalam perjalanannya, kapal tongkang berbobot ribuan ton yang didorong Assist Tugboat Hiu Macan secara tiba-tiba diduga mengalami kehilangan kendali saat melintas kawasan Tangga Buntung, 36 Ilir, Kota Palembang.

“Lalu atas kondisi tersebut, kapal tongkang melaju ke kiri hingga menyerempet Dermaga UPTD Tangga Buntung dan rusak pada bagian tiang penyangganya bengkok,” katanya.

Dia menyebutkan, hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, peristiwa tersebut juga merusak lima unit kapal jukung yang bersandar di dermaga milik Dinas Perhubungan Palembang tersebut.

Kendati demikian, Polairud Polrestabes Palembang memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Selain itu tak berdampak signifikan terhadap operasional transportasi di dermaga.

“Benar dipastikan tidak ada korban jiwa, selebihnya akan diinformasikan lebih lanjut,” ucapnya.

 

Sumber : Sindonews.com