Kapolda Sumsel Tegaskan Akan Tertibkan Tambang Ilegal

0
1
Gubernur Sumsel Herman Deru menerima kunjungan Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto. (Foto: Ist)
Dijual Rumah

Palembang, buktipers.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto berkomitmen memberantas aktivitas pertambangan mineral dan batu bara (minerba) ilegal. Pemberantasan tambang ilegal telah dilaksanakan di Sumatera Barat dan akan diterapkan di Sumsel.

“Penertiban tambang ilegal merupakan agenda saya saat menjabat Kapolda Sumatera Barat, yang mana ada ratusan penambang sudah dipidanakan, itu saya terapkan juga di sini (Sumsel),” ujar Kapolda usai bertemui Gubernur Sumsel, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, untuk menyelesaikan kasus yang menahun ini secara tuntas tidak cukup hanya menjatuhi hukuman pidana kepada para pelaku, melainkan harus mempunyai desain penanganan khusus.

“Kalau pidana saja tidak menyelesaikan masalah secara tuntas,” katanya. Dalam desain tersebut, lanjutnya, membahas dan mempertimbangkan aspek sosial – ekonomi masyarakat di wilayah sekitar areal pertambangan, sebab aktivitas pertambangan ilegal itu erat kaitannya dengan mata pencaharian mereka.

Dengan demikian membutuhkan komitmen bersama semua pihak terkait, mulai dari pemerintahan provinsi, pemerintah daerah, segenap unsur TNI, pemilik konsesi pertambangan dan termasuk masyarakat.

“Saya berharap ada upaya yang menjadi solusi supaya mereka (penambang ilegal) mendapatkan pekerjaan yang layak dan aman bagi mereka,” katanya.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya mendukung Polda Sumsel menertibkan aktivitas tambang ilegal.

“Selain pemberantasan pertambangan ilegal bersama dengan Kapolda juga memfokuskan pemberantasan peredaran narkoba, menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, penanggulangan Covid-19,” katanya.

 

Sumber : iNews.id