Kapolres Labuhanbatu Cek Ruang Tahanan

0
83
Kapolres Labuhanbatu saat mengecek ruang tahanan.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, mengecek langsung sel tahanan, di dampingi Kasi Propam, Ipda Kusno Siagian, guna melihat kondisi tahanan dan kesiapan petugas jaga, di RTP Polres Labuhanbatu, Rabu (6/5/2020) pagi.

Kegiatan ini, kata Kapolres, bertujuan sebagai antisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti larinya tahanan akibat lengahnya petugas jaga.

“Petugas jaga harus menjalankan Standart Operasional Prosedur (SOP), anggota tidak boleh lengah dan jangan sampai kejadian tahanan kabur dan sebagainya,” kata Kapolres lagi.

Disela kesibukannya, Kapolres menyempatkan diri untuk mengunjungi sel tahanan guna memastikan kondisi tetap baik dan aman.

Menurut Agus, pengecekan rutin oleh petugas jaga mesti dilakukan, baik oleh pawas (perwira pengawas), padal (perwira pengendali) maupun personel piket fungsi yang bertugas pada saat itu, mengingat sewaktu-waktu kondisinya bisa saja berubah.

“Kita ketahui bersama jumlah tahanan kita saat ini ada 130 orang, jumlah tersebut harus terus dihitung, kemudian dicek kondisi kesehatannya,” bilangnya.

“Hasil pemeriksaan kondisi rumah tahanan sangat baik, namun demikian petugas jaga harus tetap ketat mengawasi, jangan sampai lengah, selalu waspada,” tambah orang nomor satu di jajaran Polres Labuhanbatu ini.

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Kapolres menyampaikan, pelayanan terhadap para penghuni di sel tahanan juga wajib diberikan oleh petugas. Periksa secara ketat setiap tamu yang berkunjung termasuk barang bawaan harus dicek, jangan sampai membawa barang terlarang yang menyebabkan larinya tahanan, katanya.

“Pemeriksaan sel tahanan harus rutin dilaksanakan, secara bergantian dibawah kendali pawas dan padal,” ujar Kapolres menekankan.

 

(Syafii Harahap)