Kapolres Sergai Bekali Bhabinkamtibmas Disiplin Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

0
2
AKBP Robin Simatupang SH, M.Hum, membekali personel Bhabinkamtibmas, tentang Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 34 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid – 19, Kamis (27/8/2020), lalu, di Aula Kebun PT. Socfindo Dolok Masihul.

Sergai, buktipers.com – Kapolres Serdang Bedagai (Sergai), AKBP Robin Simatupang SH, M.Hum, membekali personel Bhabinkamtibmas, tentang Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 34 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid – 19, Kamis (27/8/2020), lalu, di Aula Kebun PT. Socfindo Dolok Masihul.

Kapolres dalam arahannya mengatakan, bahwa Inpres Nomor 6 tahun 2020 memiliki isi “masyarakat sehat, ekonomi meningkat”. Artinya masyarakat boleh melaksanakan kegiatan perekonomian, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan, ujarnya.

“Tantangan bagi Bhabinkamtibmas adalah untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,”katanya.

Provinsi Sumatera Utara, ada Peraturan Gubernur Nomor 34 tahun 2020 yang merupakan penjabaran dari Inpres Nomor 6 tahun 2020.

Di dalam Inpres Nomor 6 tahun 2020 yang di kedepankan adalah Satpol PP. Sedangkan TNI dan Polri sebagai pendamping dalam penegakan Inpres Nomor 6 tahun 2020, ungkapnya.

“Indonesia salah satu negara tingkat penyebaran Covid – 19 di dunia. Maka dari itu Bhabinkamtib harus lebih gencar untuk mengimbau masyarakat tentang protokol kesehatan. Ajak kepala desa untuk membentuk desa tangguh sebagai salah satu cara memutus rantai penyebaran covid 19,”papar Kapolres.

Bahkan, sambungnya lagi, sudah ada 6 desa yang terbentuk sebagai desa tangguh di wilkum Polres Sergai. Bhabinkamtibmas yang unggul dalam pembentukan desa tangguh ini mendapat perhatian khusus dari Kapolda Sumut untuk diberikan reward atau penghargaan, ujarnya.

“Isu – Isu yang berkembang di masyarakat, terkait RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Tujuan dari RUU HIP ini adalah sebagai landasan hukum untuk menjadi pedoman bagi kehidupan bernegara dan untuk memperkokoh Pancasila. Mari kita beri imbauan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dari isu isu negatif tentang RUU HIP ini,” jelasnya.

Kapolres juga meminta Bhabinkamtibmas agar bekerja sama dengan Intel agar tetap memonitor dan mengawal seluruh tahapan – tahapan di desa dan seluruh perangkat pelaksana tingkat desa.

“Terkait pilkada, banyak isu isu negatif yang mempengaruhi masyarakat. Untuk itu diperlukan ketanggapan bhabinkamtibmas untuk memonitor setiap situasi yang berkembang serta menangkal isu-isu negatif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat,”tandas Kapolres.

 

(ML.hrp)