Kapolres Sergai Dampingi Kunker Komisi A DPRD Sumut di Kantor KPUD

0
5
Komisi A DPRD Sumut Kunjungan Kerja ke Kantor KPUD Sergai.

Sergai, buktipers.com – Kapolres Sergai mendampingi kunjungan kerja (Kunker) DPRD Provinsi Sumatera Utara, dalam melakukan monitoring, terkait pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Sergai, di kantor KPUD Sergai, Minggu (6/9/2020) siang lalu, di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Provsu (F. Nasdem), Ramadsyah Sibarani, Komisi A DPRD Provsu (F.PKS), Hendro Susanto, Fraksi Golkar, Irham Buana, Fraksi Perindo, JP. Hutabarat, Fraksi Gerindra, M. Subandhi, Fraksi Hanura, Rusdu Lubis, Kapolres Sergai, AKBP R. Simatupang SH, M.Hum, Ketua KPUD Kabupaten Sergai, Erdian Wirajaya, beserta Komisioner, dan Bawaslu Kabupaten Sergai, El Suhaimi, MA.

Dalam kesempatan itu, Rahmadsyah Sibarani, kepada wartawan mengatakan, bahwa kunker ini guna menindak lanjuti adanya pengaduan masyarakat kepada Komisi A DPRD Sumut, tentang kejadian dalam proses pendaftaran  Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sergai.

Nah, sambungnya lagi, sebagai tugas pokok DPRD Sumut dalam melakukan pengawasan, maka pihaknya ingin mengetahui, serta mendengar langsung dari pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten Sergai. Serta untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Termasuk untuk mengetahui kondisi keamanan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, bebernya.

Setelah melakukan pertemuan, Komisi A DPRD Sumut mendapatkan penjelasan dari KPUD Sergai yaitu kronologi penerimaan pendaftaran, pada tanggal 4 September 2020, lalu.

Bahwa pada sekitar pukul 08.05 WIB, Paslon H. Darma Wijaya – H. Adlin Tambunan (DAMBAAN), yang didukung PDIP, Golkar, PKB, PPP, Demokrat, Hanura, Gerindra dan PAN, dengan didampingi Ketua dan Sekretaris Parpol pengusung tingkat kabupaten, datang mendaftar ke KPUD Sergai dan hasil pemeriksaan, semua berkas syarat dokumen pencalonan sudah lengkap dan memenuhi syarat, sehingga pendaftaran diterima.

Kemudian, sekitar pukul 14.16 WIB, Paslon BERIMAN – Trendi, datang mendaftar yang didukung NasDem, PKS dan PAN. Dan hasil pemeriksaan dukungan, PKS memenuhi syarat 2 kursi.

Sedangkan, Nasdem memenuhi syarat 6 kursi. Sedangkan dukungan PAN, sudah didaftarkan oleh Paslon DAMBAAN, sehingga diberi tanda pengembalian kepada paslon karena tidak memenuhi persyaratan.

Sementara itu, Bawaslu Sergai, El Suhaimi, MA, mengatakan, bahwa kronologi yang disampaikan pihak KPU benar adanya.

Dan saat melakukan pendaftaran, Paslon Ir. H. Soekirman – Tengku Ryan Novandi didampingi oleh penerima mandat dari DPP PAN, Junaidi S dan Sukarman sebagai Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Sergai.

Dijelaskan Rahmadsyah, langkah KPU dan Bawaslu Kabupaten Sergai dalam menyikapi kondisi ini, bahwa KPU Sergai sudah melakukan koordinasi dan konsultasi melalui surat, kepada KPU Provinsi Sumut dan KPU RI. Dan saat ini masih menunggu hasil konsultasi.

Setelah melakukan kunker tersebut, Komisi A DPRD Sumut menyimpulkan, bahwa KPU dan Bawaslu sudah melakukan tugasnya sesuai regulasi yang ada.

Diharapkan dalam melaksanakan tugas harus solid, taat azas aturan, dan apabila ragu dalam menafsirkan aturan untuk konsultasi dengan tingkat atas.

Komisi A DPRD Sumut juga mengapresiasi pihak kepolisian khususnya Polres Serdang Bedagai untuk membantu situasi keamanan, agar tetap kondusif.

Diakhir pertemuan, Rahmadsyah Sibarani menjelaskan, bahwa kunjungan Komisi A DPRD Sumut sebagai bentuk pengawasan dan memberikan masukan serta dukungan kepada pihak KPU Kabupaten Sergai untuk melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada.

Sementara itu, Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang SH, M.Hum, menjelaskan, pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati, berakhir pada pukul 24.00 WIB, dan masih menunggu, terkait masih ada pendaftaran Paslon Perseorangan.

Kapolres berpesan kepada seluruh personel agar tetap mengamankan gedung, mapun Pegawai KPU, dan jangan sampai terjadi kejadian yang tidak diinginkan, karena ini merupakan lambang atau simbol negara.

“Mari tetap kita jaga kenetralan dalam pesta demokrasi ini, jangan terpengaruh, itu merupakan domain KPU, tugas kita hanya mengamankan. Tetap jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan, tetap siaga dalam pelaksanaan pengamanan jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Serdang Bedagai,”tandas Kapolres.

(ML.hrp)