Kapolres Sergai Hadiri Rakornas Pengamanan Perbatasan Tahun 2020

0
143
Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH., M.Hum, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengamanan Perbatasan Negara Tahun 2020, di Gedung Pullman Hotel Podomoro City, Jalan Letjend. S. Parman Kav. 28 Jakarta Barat, Rabu (11/3/2020).
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH., M.Hum, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengamanan Perbatasan Negara Tahun 2020, di Gedung Pullman Hotel Podomoro City, Jalan Letjend. S. Parman Kav. 28 Jakarta Barat, Rabu (11/3/2020).

Rakornas ini membahas tentang pengamanan perbatasaan Negara tahun 2020 yang dibuka langsung oleh Menko Polhukam, Mahfud MD, lalu dilanjutkan dengan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Menhumkam, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc Ph.D, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP, Kapolri, Jenderal Pol. Idham Aziz, M.Si, Kepala BIN, Budi Gunawan,Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko, Kepala BNPT, Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH, Kepala BAKAMLA, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia dan juga diikuti seluruh Pejabat TNI – Polri perwakilan daerah se Indonesia.

Turut hadir perwakilan Polda Sumut, yakni Waka Polda Sumatera Utara, Brigjen Drs. Mardiaz Khusin SH, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum dan para Kapolres perbatasan yang ada di wilayah Sumatra Utara.

Rakornas ini bahas pengamanan perbatasan teritorial Negara Kesatuan Repblik Indonesia (NKRI), untuk meningkatkan secara terpadu daerah daerah yang ada di perbatasan dengan negara luar dengan wilayah Indonesia.

Terpisah, Kapolres Sergai, di sela – sela acara, kepada awak media mengatakan, bahwa wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan merupakan daerah terdepan yang harus dipertahankan dan diamankan untuk keutuhan NKRI.

“Prinsipnya tidak boleh ada sejengkal tanah pun atau sekecil apapun dari wilayah ini yang bisa lepas dari kedaulatan NKRI,”tegas Kapolres Robin.

Perairan Serdang Bedagai adalah salah satu daerah yang harus diproritaskan pengamanannya karena merupakan pintu masuk negara negara yang ada di Asia, katanya. Khususnya di perbatasan laut Serdang Bedagai, juga sangat berpotensi tentang kerawanan dalam hal ilegal fishing maupun penyeludupan barang ilegal, tambahnya.

Dalam hal pengamanan secara terpadu di daerah perbatasan, Polres Serdang Bedagai akan bekerja sama dengan TNI dan Bakamla yang ada di Pos Pulau Terluar, yaitu Pulau Berhala untuk meningkatkan pengamanan secara terpadu, di perbatasan – perbatasan yang ada di Serdang Bedagai.

 

(ML.hrp)