Kapolres Sergai Kunjungi Kampung Tangguh Desa Nagur dan Tinjau Panen Raya

0
29
Kapolres Sergai saat panen padi.

Sergai, buktipers.com – Kapolres Serdang Bedagai (Sergai), AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum melakukan kunjungan dan pembinaan Kampung Tangguh Desa Nagur (KTDN) Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Kamis (10/9/2020) sore.

Camat Tanjung Beringin Syafruddin, SE, MAP menyambut baik kedatangan Kapolres Sergai dalam rangka meresmikan Desa Nagur, menjadi Kampung Tangguh.

Dikatakan Camat, program ini merupakan program Pemerintah yang dilaksanakan Kepolisian, yakni Desa Tangguh untuk percontohan pertama di Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin.

“Kegiatan hari ini, diantaranya panen raya lumbung padi ketahanan pangan di Dusun VI Desa Nagur, lalu akan berkunjung ke rumah isolasi, panen pisang, serta memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa, “ujar Camat menutup.

Sementara itu, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang dalam sambutannya mengatakan, hari ini dirinya kembali meresmikan Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, menjadi Desa Tangguh dalam penanggulangan dan penegakan disiplin ketahanan pangan di masa pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19.

Program ini, sebut Kapolres, merupakan program Pemerintah. Karena meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia bahkan ada klaster-klaster baru hingga merebak didunia.

“Mari kita antisipasi mulai sekarang khususnya di Desa Nagur, apabila tidak kita antisipasi dini ini akan berakibat fatal dari keberlangsungan Desa ini. Untuk itu terimakasih kepada pak Camat, Kapolsek dan Danramil Tanjung Beringin yang terus-menerus berupaya menjaga Kamtibmas dan bersama melakukan pencegahan Covid-19,”bilangnya lagi.

Ditambahkan AKBP Robin, bahwa pencegahan ini sangat penting dalam menghadapi Covid-19. Presiden RI juga telah mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 yang intinya masyarakat sehat dan ekonomi meningkat, katanya.

Artinya, masyarakat harus melakukan kegiatan dan usaha-usahanya, namun tetap patuh terhadap protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun, jelasnya.

Masyarakat itu dari diri pribadi, lingkungan dan keluarga harus sadar sendiri dalam mencegah penularan Covid-19. Masker, jaga jarak dan cuci tangan menjadi kebutuhan pokok terutama menjaga kebersihan itu sesuai ajaran agama, paparnya.

Polres Sergai, lanjut AKBP Robin Simatupang, terus melakukan sosialisasi dan edukasi bersama Pemerintah dan tokoh masyarakat dalam pencegahan penanganan Covid-19.

Soal ketahanan pangan, di masa pandemi ini, ekonomi akan merosot karena banyaknya usaha-usaha tutup disebabkan gak laku-laku jualannya, dengan situasi Covid-19 yang melanda dunia. Jadi investasi dan wisata diluar negeri juga masih tertutup, katanya.

“Oleh karenanya, masyarakat harus kita buat menjadi tangguh dalam menghadapi pandemi,”tambahnya.

Tahun ini pertanian meningkat di Kabupaten Sergai, kata Kapolres, maka lahan sekecil apapun bisa diolah sebagai lahan produktif dan Dinas Pertanian Sergai sebagai motor penggeraknya yang akan membantu untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya di Desa Nagur.

“Kami juga harapkan kerjasama semua pihak terkait pelaksanaan Pilkada 2020. Ini sangat penting kita jaga bersama. Karena bisa terpengaruh hingga mengakibatkan terpecah belah karena beda pilihan,”ujarnya.

Kapolres tegaskan agar kita semua menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sehat hindari yang dapat memprovokasi. Nah, siapapun yang menang semua putra terbaik di Kabupaten Sergai, katanya lagi.

“Saya ingatkan ASN jangan lakukan kecurangan, tetap harus netral. Juri Pemilu itu sudah ada, yakni KPU dan  untuk pengawasan, ada Bawaslu dan Gakumdu Polri. Selanjutnya Polri/TNI, tugasnya itu mengamankan pelaksanaan Pilkada 2020. Kita jangan ikut serta dalam berpolitik,”tutup Kapolres AKBP Robin.

 

(ML.hrp)