Kapolres Sergai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi “Mantap Huta Toba 2022”

0
2
Operasi Mantap Huta Toba 2022 dipimpin langsung oleh Kapolres Sergai, AKBP Dr Ali Machfud.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Polres Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan apel gelar pasukan Ops Mantap Huta Toba 2022, dalam rangka pengamanan Pilkades tahun 2022, di wilayah hukum Polres Sergai, di halaman Mapolres setempat, di Sei Rampah, Rabu (30/3/2022).

Operasi Mantap Huta Toba 2022 dipimpin langsung oleh Kapolres Sergai, AKBP Dr Ali Machfud, dan dihadiri Wakil Bupati Sergai, H Adlin Umar Yusri Tambunan, Kajari Sergai, M Amin, SH, MH, Dandim 0204/DS, Letkol Kav. Jackie Yudhantara, Waka Polres Sergai, Kompol Sofyan, Kasubdit Dalmas Dit Samapta Polda Sumut, dan Danki Sat Brimob Polda Sumut.

Selain itu, hadir juga Ketua MUI Sergai, H Hasful Huznain, Ketua FKUB Sergai, Irfan El Fuadi Lubis, Ketua PN Sei Rampah, Ketua PA Sei Rampah, Wakil Ketua DPRD Sergai, Siswanto, para OPD, PJU Polda Sumut, PJU Polres Sergai dan para peserta apel gelar pasukan.

Kapolres Sergai, AKBP Dr Ali Machfud dalam amanatnya mengatakan, dalam apel gelar pasukan pelaksanaan Ops Mantap Huta Toba 2022 dalam rangka pemilihan Kepala Desa.

“Dalam pelaksanaan Pilkades saat ini, masih dalam situasi pandemi Covid-19. Diharapkan agar seluruh Satgas berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan penerapan prokes, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan lonjakan penyebaran Covid-19 dengan munculnya klaster baru,”papar Kapolres.

Sambung Kapolres, dalam menerapkan prokes agar masing – masing pihak dapat mensosialisasikan kepada seluruh warga masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya di TPS untuk menghindari kerumunan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang diharapkan.

Dalam pengamanan Pilkades, personel dikerahkan di 319 TPS di 20 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan di wilayah hukum Polres Sergai dengan mengedepankan kegiatan premetif, preventif dan penegakan hukum yang didukung dengan kegiatan deteksi dini, lidik, guna terselenggaranya Pilkades tahun 2022 yang aman dan berkualitas.

“Operasi ini melibatkan 1003 personil yang terdiri dari Organik Polres Sergai sebanyak 304 orang, personel Direktorat Intelkam Polda Sumut 20 orang, Sat Brimob Polda Sumut 100 orang, Direktorat Samapta Polda Sumut 130 orang dan personel TNI sebanyak 60 orang dengan sasaran lokasi tempat pemungutan suara dan 230 personel Bintara Remaja,”papar Kapolres Sergai.

Terkait penggunaan senjata api, lanjut Kapolres, dalam pelaksanan pengamanan Pilkades serentak ini, seluruh senjata api dikandangkan dan kita titipkan di logistik Polres Sergai.

Selain itu, Kapolres juga perintahkan agar seluruh personel segera melaksanakan kesiapan pengamanan dan berangkat menuju lokasi desa dan TPS masing – masing.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain:

Pertama, niatkan bahwa setiap pelaksanaan tugas adalah sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa menjaga kesehatan.

Kedua, pedomani tata cara tentang pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Ketiga, laksanakan tugas secara profesional dan humanis serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri.

Keempat, tingkatkan kewaspadaan dalam setiap pelaksanan tugas dengan menerapkan sistem pengamanan yang profesional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pungkas Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Sergai, Adli Tambunan mengatakan, untuk terkait persiapan pemerintahan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Serdang Bedagai sudah berjalan dengan baik.

“Ya, sudah berjalan dengan baik, insyaallah besok mudah – mudahan tidak ada masalah. Dalam pemilihan Kepala Desa berjalan lancar dan agar tidak terjadi yang kita inginkan,” tutupnya.

 

(ML.hrp)