Karhutla Terjadi di Sekitar Danau Toba, Polisi Tangkap 1 Terduga Pelaku

0
4
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi. (Foto: istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Polda Sumatra Utara menangkap seorang terduga pelaku kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar kawasan Danau Toba, tepatnya di wilayah Kabupaten Samosir. Pelaku yakni berinisial RL yang melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

“Dia (pelaku) membakar ilalang dengan harapan tumbuh rumput baru untuk makan ternaknya,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Sabtu (7/8/2021).

Kendati demikian, Hadi belum mengungkap secara detail terkait kronologi penangkapan tersebut. Menurutnya, kasus ini masih dalam penyelidikan.

“Yang pasti satu orang sudah kami amankan dan masih diperiksa,” katanya.

Sebelumnya, karhutla terjadi di kawasan Danau Toba sejak awal pekan lalu. Setidaknya, 25 hektare lahan hangus terbakar. Di antaranya lahan yang berada di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Lokasi kebakaran berada di daerah dengan topografi berbukit yang ditumbuhi ilalang dan banyak terdapat anakan kayu. Lahan yang terbakar tersebut merupakan milik masyarakat. Akibat kebakaran itu, sejumlah sisi pinggiran Danau Toba yang seharusnya tampak hijau kini telah menghitam.

 

Sumber : iNews.id