KASN Berikan Sanksi Kepada 5 Oknum ASN Lingga yang Diduga Berpolitik Praktis, Seperti Apa ?

0
139
Surat KASN terkait pelanggaran netralitas ASN Pemkab Lingga.
Dijual Rumah

Lingga buktipers.com – Ke 5 orang oknum ASN Pemkab Lingga, yang dilaporkan Bawaslu setempat ke KASN atas dugaan ketidaknetralan dalam Pilkada 2020, kabarnya telah diberi sanksi oleh pihak KASN yang berpusat di Jakarta.

“Untuk perkara 5 orang oknum ASN atas dugaan berpolitik praktis, kita sudah menerima surat sanksi yang dikeluarkan oleh KASN terhadap ke 5 oknum tersebut,” ucap Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni, via WhatsAppnya, Selasa (13/10/2020).

Adapun surat sanksi yang dikeluarkan KASN tersebut, tertanggal 6 Oktober 2020, namun untuk suratnya baru kita terima pada Senin 11/10/2020. Dengan nomor surat R-2997/KASN/10/2020, bersifat segera dan dengan lampiran, perihal rekomendasi atas pelanggaran netralitas ASN, dan surat sanksi tersebut ditujukan langsung kepada masing-masing oknum ASN yang melakukan pelanggaran, jelasnya.

Terkait sanksi dari KASN, lanjutnya, ada kategori sanksi sedang. Dan perlu diketahui, bahwa sanksi KASN ada 3 kategori, yakni ringan, sedang dan berat.

Dan sekarang, eksekutornya adalah di pejabat pembina kepegawaian Pemkab Lingga. Kategori sedang itu seperti apa? Pemkab Lingga yang akan memberikan sanksi tersebut, pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, saat dikonfirmasi wartawan melalui telpon seluler, Selasa (13/10/2020), sekira pukul 08.15 WIB, Plt. Sekda Kabupaten Lingga, Syamsudi menyebutkan, “Mengenai permasalahan surat KASN saya belum menerima langsung. Jadi maaf ya, saya juga hingga kini belum mengetahui apa sanksinya. Coba aja langsung koordinasi ke pak Ruliyadi, Kepala Badan Kepegawaian, mungikin beliau sudah menerima surat tersebut dan mengetahui apa sanksi yang diberikan terhadap 5 orang tersebut,”ucapnya.

Untuk mengetahui sanksinya seperti apa, saat dikonfirmasi wartawan via telpon seluler, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemkab Lingga, Ruliyadi, sejak Senin (11/10/2020), sekira pukul 11:12 WIB, sangat disayangkan hingga kini, nomornya tidak aktif.

Sampai berita ini diunggah, awak media belum bisa mengungkapkan sanksi yang diterapkan kepada 5 orang ASN Pemkab Lingga yang diduga melanggar “netralitas” ASN tersebut.

(Zul)