Kasus Hukum Berlanjut, Kades Suka Banjar Dinonaktifkan

0
399
Kepala BPMD OKU Selatan, Permiadi Haikal.(foto/suardi)
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – OKU Selatan (Sumsel)

Pihak penyidik dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menetapkan Kepala Desa (Kades) Suka Banjar, Kecamatan Muara Dua sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan Dana Desa dan Bumdes tahun anggaran 2017.

Dampaknya, jabatan Kades itu pun dinonaktifkan. Selanjutnya, pihak pemerintahan setempat akan mempersiapkan pengganti kekosongan jabatan Kades itu.

Plt.Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Kabupaten OKU Selatan, Permiadi Haikal SSos.MM kepada BuktiPers.Com di ruang kerjanya, Jumat (14/12/2018), mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk mengisi kekosongan jabatan Kades itu, untuk sementara akan menujuk Sektretaris Desa sebagai Pelaksana Harian.

Rekomendasi untuk jabatan pelaksana harian itu akan dimohonkan kepada pihak inspektorat, dan permasalahan hukumnya juga akan dilaporkan kepada Bupati OKU Selatan untuk dijadikan pertimbangan.

Tentu semua itu akan dilakukan setelah melalui tahapan peraturan dan perundang-undangan yang harus dijalankan, dan peraturannya juga ada diatur dalam Peraturan Kementerian Desa.

“Akan kami putuskan dan akan kita tindaklanjuti permasalan pelanggaran yang telah dilakukan Kepala Desa Suka Banjar tersebut. Untuk saat ini, kami telah merekomendasikan Sekretaris Desa sebagai Pelaksana Harian untuk melaksanakan kewajibanya sebagai pelayan dan pelaksana kepentingan  pemerintahan dan kepentingan masyarakat desa,” ujarnya.

Sejauh ini imbuhnya lagi, pihak BPMPD dan pihak Kecamatan selalu melakukan pembinaan terhadap desa-desa, agar tidak terjadi penyimpangan dan penyalagunaan wewenang jabatan sebagai Kepala Desa.

“Jika terdapat suatu persoalan yang dilakukan oleh oknum Kepala Desa, maka pihak kami akan melakukan suatu proses penonaktifan terhadap Kepala Desa yang bermasalah, sesuai dengan peraturan dan perundang – undang desa yang berlaku,” pungkasnya.(Suardi)

 

Editor : Maris