Kasus Ujaran Kebencian, Dosen USU Divonis 2 Tahun Masa Percobaan

0
128
Terdakwan kasus dugaan ujaran kebencian Himma Dewiyana Lubis saat mengikuti sidang putusan di PN Medan, Kamis (23/5/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Medan (Sumut)

Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) Himma Dewiyana Lubis (45) divonis penjara 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (23/2/2019). Terdakwa kasus ujaran kebencian itu terbukti bersalah atas semua dugaan yang dituduhkan.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara 1 tahun dan masa percobaan selama 2 tahun serta Rp10 juta. Apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan 3 bulan kurungan,” ujar Ketua Majelis Hakim Riana Pohan, Kamis (23/5/2019).

Terdakwa terbukti melanggar Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 45a Ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Hukuman yang dijatuhkan Majelis Hakim hampir sama dengan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU). Di mana JPU menuntut terdakwa dengan hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp10 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan.

Selama dua tahun masa percobaan, terdakwa akan terus dipantau. Jika masih melakukan perbuatan yang melanggar hukum maka akan dipidana penjara.

Kuasa hukum terdakwa Rina Melati Sitompul mengatakan, pihaknya masih mempelajari vonis yang dijatuhkan hakim.

“Dengan vonis 2 tahun kami pertimbangkan dulu. Kami cooling down dan masih pikir-pikir dulu,” kata Rina.

Diketahui, terdakwa Himma ditangkap setelah menulis status di media sosial (medsos) yang diduga mengandung ujaran kebencian. Postingannya menjadi viral hingga dilakukan penyelidikan personel Subdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumut dan ditetapkan tersangka.

Sumber : iNews.id