Kata Bupati, Sejumlah Kampung Masih Lalaikan Kewajiban Pengelolaan Keuangan  

0
491
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil saat memimpin rapat rutin bersama perangkat Mukim dan Kampung di Gedung SKB Karang Baru, Selasa (23/10/2018).(foto/tarmizi)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Aceh Tamiang (Aceh)

Sejumlah Kampung di Kabupaten Aceh Tamiang, masih melalaikan kewajibannya dalam pengelolaan keuangan.

Permasalahan kelalalain dalam hal keuangan itu diungkapkan Bupati Aceh Tamiang H.Mursil saat memimpin rapat rutin bersama perangkat Mukim dan Kampung di Gedung SKB Karang Baru, Selasa (23/10/2018).

“Dengan tidak tertibnya proses administrasi pencairan dan pengelolaan APB-Kampung  yang dilakukan Pemerintah Kampung, akan berdampak tidak tertibnya administrasi,” ujar H.Mursil di depan para perangkat kampung se Kabupaten Aceh Tamiang.

Lanjutnya lagi, berdasarkan hasil evaluasi terhadap proses pencairan APB-Kampung TA 2018 Tahap II  (40%), sejumlah kampung masih melalaikan kewajibannya dalam pengelolaan keuangan,.

“Jika hal ini terus terjadi maka akan membuka ruang terjadinya tindak pidana korupsi,” tandas Mursil  lagi.

“Datok Penghulu sebagai penanggungjawab pengelola keuangan di Kampung, seharusnya menjadi orang pertama yang menyelamatkan peluang dari tindak pidana korupsi”, ujar Bupati menambahkan.

Padahal, informsinya pada tahun anggaran 2019 yang akan datang nanti, Pemerintah Pusat akan menaikkan anggaran Dana Desa dari Rp60 triliun menjadi Rp73 triliun.

“Kenaikan anggaran ini harus kita jadikan momentum bagi kita, khususnya Kabupaten Aceh Tamiang untuk bangkit dalam pengentasan kemiskinan, melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung dan pemberdayaan masyarakat kampung (pelatihan keterampilan),” paparnya.

Karena itulah, tegas dia, dengan meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat kampung,  berharap di Kabupaten Aceh Tamiang tidak ada lagi masyarakat kita yang miskin, sakit dan tidak sekolah.

Kepada para Datok Penghulu diharapkan Bupati harus mampu melihat peluang dan harapan serta mampu berinovasi dalam perencanaan pembangunan ke depan.

Pantauan Buktipers.com, rapat rutin yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, dihadiri  Wakil Bupati Aceh Tamiang, Para Asisten Setdakab, beberapa Kepala Perangkat Daerah, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Hukum Setdakab Aceh Tamiang, para Camat Kabupaten Aceh Tamiang serta Para Kepala Mukim dan Datok Penghulu se Kabupaten Aceh Tamiang.(Tarmizi Puteh)

 

Editor : Maris