Kebakaran di Pasar Sentral Sinjai, 10 Kios Hangus

0
120
Foto: Hermawan Mappiwali/detikcom
Dijual Rumah

Sinjai, buktipers.com – Kebakaran terjadi di Pasar Sentral Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya, 10 kios pedagang hangus dilalap api.

“Pasar (yang terbakar). Satu Los di Pasar Sentral, satu deret begitu. Jadi sekitar 10 kios yang ludes,” ujar Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan kepada wartawan, Minggu (23/2/2020).

Pasar Sentral Sinjai yang terletak di Jl Persatuan Raya dilaporkan terbakar pukul 17.50 Wita. Api baru dapat dijinakkan setelah petugas melakukan pemadaman selama lebih dari dua jam.

“Jadi pemadaman kebakaran ini dilakukan oleh Damkar Sinjai dan Damkar Bone, ada sekitar 6 sampai 8 unit armada,” ucap Iwan Irmawan.

Selain petugas damkar, kata Iwan, TNI-Polri juga menerjunkan personel ke lokasi kebakaran. Sebanyak 50 personel dikerahkan untuk mempercepat pemadaman dan menjaga agar warga tak memasuki tempat kejadian perkara (TKP).

“Terus kami dari Kepolisian dan Dandim Sinjai juga menerjunkan sekitar 50 personel. Kami mengamankan lokasi agar tidak dimasuki warga, juga membantu pemadaman,” kata dia.

Iwan menjelaskan api pertama kali muncul dari bagian tengah kios pedagang. Kebakaran membesar dengan cepat karena sebagian besar kios pedagang terbuat dari kayu.

“Timbul percikan api, terus cepat membesar karena terbuat dari kayu itu kiosnya kan. Cepat membakar, tidak nyampe 5 menit api sudah besar,” terang Iwan.

Masih kata Iwan, kios yang terbakar merupakan milik pedagang campuran mulai dari penjual alat rumah tangga hingga sembako.

“Ada pedagang sembako, pedagang plastik, pedagang peralatan rumah tangga, macam-macam lah,” tutur Iwan.

Iwan memastikan kebakaran tak memakan korban jiwa. Saat ini nominal kerugian materil masih dihitung.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Memang kalau sudah sore, pedagang tidak jualan lagi,” katanya.

Terakhir, Iwan menerangkan pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. “Kalau penyebab kebakaran masih akan kita selidiki, kita tidak dapat menduga-duga,” pungkas Iwan.

 

Sumber : detik.com