Beranda Hukum Kebakaran di Permukiman Eks Lokalisasi di Jambi, 17 Rumah Hangus Dilalap Api

Kebakaran di Permukiman Eks Lokalisasi di Jambi, 17 Rumah Hangus Dilalap Api

116
0
Petugas Damkar berusaha memadamkan api yang menghanguskan permukiman padat penduduk di bekas lokalisasi Payo Sigadung atau Pucuk, Kota Jambi, Jumat (28/2/2020). (Foto: iNews/Adrianus Susandra)

Jambi, buktipers.com – Kebakaran melanda kawasan permukiman padat penduduk di bekas lokalisasi Payo Sigadung atau Pucuk, Kota Jambi, Jumat (28/2/2020). Api diduga bersumber dari korsleting atau arus pendek listrik di salah satu rumah warga di Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo itu.

Dari pantauan iNews, kobaran api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah-rumah warga di RT 05 Kelurahan Rawasari, pada Jumat sore. Banyaknya material yang mudah terbakar dan angin kencang membuat api sulit dikendalikan.

Para pemilik rumah tampak panik melihat rumah mereka terbakar. Mereka tidak sempat menyelamatkan harta benda masing-masing. Warga hanya bisa menangis melihat rumah habis dilalap api. Sementara warga lainnya juga panik dan khawatir api meluas ke rumah-rumah lain.

Baca Juga!  Almarhum Bripka Fajar Panjaitan Di Anugrahi Penghargaan Oleh Kapolda Jambi

Petugas pemadam kebakaran (damkar) menurunkan sembilan unit mobil pemadam ke lokasi kejadian untuk mencegah kebakaran meluas di permukiman padat penduduk itu. Petugas damkar juga berjibaku dengan warga setempat untuk memadamkan api.

Saat proses pemadaman tersebut, seorang petugas damkar sempat terjebak di lokasi kebakaran. Petugas mengalami cidera karena kekurangan oksigen saat berupaya memadamkan api.

Camat Alam Barajo Kota Jambi, Mustari Affandi mengatakan, api yang berasal dari salah satu rumah di Gang 8 Payo Sigadung atau yang dikenal Pucuk tersebut, diduga akibat arus pendek. Dari 17 rumah yang terbakar, sedikinya 60 lebih jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

“Saat peristiwa kebakaran hebat tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah,” kata Mustari Affandi.

Baca Juga!  4 Rumah Ludes Terbakar, Penyebabnya masih Diselidiki

Setelah lebih dari dua jam, api yang membakar 17 rumah di permukiman padat penduduk itu berhasil dijinakkan dan dipadamkan. Petugas kemudian melakukan pendinginan di lokasi untuk memastikan tidak ada titik api tersisa.

Para korban kebakaran untuk sementara masih harus mengungsi di rumah saudara dan warga. Sementara petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Kotabaru Jambi juga masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan sedikitnya 17 rumah warga itu.

 

Sumber : iNews.id

Loading...