Kecelakaan Kereta Tewaskan 50 Orang akibat Truk Proyek, Manajer Konstruksi Diburu

0
1
Kejaksaan Taiwan memburu manajer konstruksi yang mengoperasikan truk pemicu kecelakaan kereta yang menewaskan 50 orang (Foto: Reuters)
Dijual Rumah

Hualien, buktipers.com – Kejaksaan Taiwan memburu manajer konstruksi terkait kecelakaan kereta yang menewaskan sedikitnya 50 orang, Jumat (2/4/2021).

Kecelakaan kereta di terowongan Hualien itu disebabkan truk yang melintasi rel padahal kereta sedang melaju.

Sopir dari truk yang dioperasikan untuk proyek konstruksi tersebut tak mengerem kendaraannya dengan benar.

Kecelakaan truk ini merupakan yang terburuk di Taiwan dalam 70 tahun terakhir, dilihat dari jumlah korban tewas.

Kereta yang mengangkut hampir 500 orang itu dalam perjalanan dari Ibu Kota Taipei menuju Taitung saat kecelakaan terjadi, tergelincir di terowongan.

Kepala kantor kejaksaan Hualien Yu Hsiu Duan mengatakan, surat perintah penangkapan telah diajukan dan proses penyelidikan terhadapnya akan berlangsung. “Untuk mendapatkan bukti yang sesuai, kami mengirim beberapa jaksa ke lokasi kejadian dan sedang mencari lokasi-lokasi yang diperlukan,” katanya, dikutip dari Reuters, Sabtu (3/4/2021).

Sementara itu pada Sabtu pagi para pekerja mulai mengevakuasi gerbong belakang yang relatif tidak rusak karena berhenti di luar terowongan. Bagian kereta yang rusak parah berada di dalam terowongan.

Presiden Tsai Ing Wen juga dijadwalkan mengunjungi Hualien hari ini untuk mengunjungi para korban luka.

Pemerintah menyerukan pengibaran bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai bentuk belasungkawa.

Kecelakaan ini terjadi di awal libur panjang akhir pekan, kereta nahas itu penuh sesak dengan penumpang yang akan pulang kampung.

 

Sumber : iNews.id