Keindahan Parade Karnaval Budaya di Pontianak, Decak Kagum ‘Menyemburat’

0
587
Salah satu pesona budaya yang ikut dalam karnaval di Pontianak.(foto/bayu)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Pontianak (Kalbar)

Sungguh decak kagum serta keterpesonaan menyemburat, setelah tatapan mata ini menyaksikan keindahan dari keragaman budaya kita yang digelar pada Festival Pesona Lokal Pontianak. Ini adalah asset dan kekayaan Indonesia di bidang kebudayaan, yang nilainya tak terhingga.

Karnaval sangat menggetarkan jiwa, rasanya mata ini tak ingin berkedip menatapnya. Warna-warni dari pancaran indah dari berbagai kebudayaan itu, berbinar pada festival yang digelar dalam rangka memeringati HUT ke-247 Kota Pontianak dan HUT ke-28 Adira Finance yang berlangsung di Taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, Kota Pontianak, Minggu (15/10/2018).

Festival Pesona Lokal Pontianak kali ini, menghadirkan ragam budaya dan kearifan lokal Kalimantan, menampilkan berbagai kegiatan. Diantaranya Parade Karnaval Budaya, Lomba Melukis Murai, Lomba Kreasi Masakan Daerah, dan Bazar UMKM dilengkapi Adanya Pasar Rakyat.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi diwakili Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe SSos, hadir dalam acara Festival Pesona Lokal Pontianak itu.

Festival ini digelar dengan tujuan untuk memromosikan potensi budaya dan kearifan lokal yang ada di Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Barat.

Kapendam XII/Tpr, mengaku sangat mengapresiasi acara Festival Pesona Lokal Pontianak tersebut.

Dikatakannya, selain memberikan hiburan kepada masyarakat, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya melaksanakan pembangunan di bidang kepariwisataan.

“Melalui festival ini diharapkan Provinsi Kalimantan Barat menjadi lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun dari mancanegara, sehingga tertarik untuk berkunjung ke sini,” ujar Kapendam XII/Tpr.

Festival Pesona Lokal Pontianak diawali parade Karnaval Budaya yang diikuti 2500 peserta dari seluruh wilayah Kalimantan, menampilkan mulai dari baju adat dan musik tradisional.

Parade Karnaval Budaya dilepas Gubernur Kalbar, Sutarmiji , dengan titik start dari Taman Alun  Kapuas, melewati Jalan Zainudin ke Jalan Diponegoro, melewati Jalan Tanjungpura kembali finis di Taman Alun Kapuas. (Rls/Bayu)

 

Editor : Maris