Kelompok Nelayan Swallow Panggak Lau Panen Udang

0
124
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S.Sos, saat ikut panen udang di lokasi tambak, Desa Panggak Laut.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, S.Sos, menghadiri panen perdana udang Vanamei, milik kelompok nelayan Swallow, warga Desa Panggak Laut, Kecamatan Daik Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis (5/3/2020), lalu.

Melalui pesan whatsappnya, di group warta online Singkep, pada Kamis malam (5/3/2020), Kasubag Humas Pemkab Lingga, Pikrizal mengatakan, “Semula, panen dijadwalkan akan dilaksanakan saat umur udang telah genap mencapai 3 bulan. Namun dikarenakan pertumbuhan yang sangat pesat, akhirnya diputuskan sudah boleh dipanen, tepat pada usia 2 bulan 2 hari pada hari ini,”ujarnya.

Kata Pikri, pada saat gelar panen udang, Kepala Desa Panggak Laut, Ahmad menegaskan, “Panen perdana ini sekaligus menjawab rasa pesimis masyarakat yang sempat meragukan keberhasilan tambak udang di Desa Panggak Laut. Hari ini, kita telah melihat bersama, bahwa ini nyata dan bukan bohong. Dan semenjak dibangunnya tambak ini, telah banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengelola usaha yang sama, serta berharap panen perdana ini bisa menjadi langkah awal agar mendapatkan dukungan yang lebih besar dari Pemerintah Daerah, “ucap Kades.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga, H.Kasiman juga mengatakan,” Langkah yang ditempuh oleh dinas yang dipimpinnya adalah melebihi dari sekedar menentang arus. Karena selama ini, bisa dikatakan, hampir seluruh nelayan di Kabupaten Lingga merupakan nelayan tangkap, bukan nelayan tambak. Sehingga pada awalnya memang cenderung menghadapi pesisimisme dari masyarakat. Namun berkat kerja keras, serta studi-studi perikanan dan didukung oleh pemerintah daerah, akhirnya Desa Panggak Laut serta 5 desa lainnya telah berhasil membudidayakan udang vanamei ini,”katanya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Lingga, M.Nizar, juga mengucapkan, “Alhamdulillah, hari ini kerja keras, kerja cerdas kita sudah mulai menampakkan hasil. Insya Allah tambak udang ini sudah bisa menjadi pilot project bagi desa-desa yang lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan seperti saat ini. Dan Pemerintah Kabupaten Lingga bersama dengan DPRD Kabupaten Lingga akan selalu hadir untuk mendukung masyarakat terutama untuk membina sektor-sektor ekonomi baru bagi masyarakat. Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Lingga Alias Wello,”ujarnya.

Miskipun Pemerintah Daerah tidak bisa secara terus menerus menopang keseluruhan pembiayaan tambak.

Untuk itu, dia berharap adanya manajemen yang baik, terutama menyangkut manajemen keuangan kelompok tani melalui pembinaan dinas terkait. Sehingga nantinya kelompok nelayan bisa mengelola keuangannya dengan mandiri dan bisa menjadi contoh bagi kelompok-kelompok yang lain. Dengan harapan, dari hasil panen ini, akan bisa dimaksimalkan untuk membeli bibit serta kebutuhan-kebutuhan lain guna pengembangan tambak selanjutnya, ucap Wakil Bupati Lingga.

Hadir pada saat gelar panen udang tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Kepala Bakesbangpol Lingga, Kepala Bapenlitbang  Lingga, Kadishub Lingga, Kabag Kominfo dan Humas, Kasatpol PP, Camat Lingga, Camat Katang Bidare, serta para Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat setempa.

Dan diperkirakan hasil panen perdana kelompok nelayan Swallow Desa Panggak Laut itu, hasilnya minimal 1,5 ton, tutup Pikri.

 

(R/Dl/Zul)