Kemenkes Ungkap Kronologi Cacar Monyet Masuk ke Indonesia

0
23
Kronologi masuknya cacar monyet ke Indonesia diungkap oleh Kemenkes. Diketahui bahwa kasus pertama cacar monyet di Indonesia dialami pria berusia 27 tahun. Foto/The Hindu
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Kronologi masuknya cacar monyet ke Indonesia diungkap oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Diketahui bahwa kasus pertama cacar monyet di Indonesia dialami pria berusia 27 tahun.

Pasien asal Jakarta itu dilaporkan memiliki riwayat perjalan dari luar negeri. Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril memutuskan untuk tidak memberitahu dari mana negara tujuan pasien.

Dia hanya mengatakan, pasien baru tiba dari negara yang memang sudah melaporkan kasus cacar monyet ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kami tidak akan memberitahu dari negara mana si pasien datang,” kata Syahril di konferensi pers virtual, Sabtu (20/8/2022).

Berikut kronologi lengkap kasus cacar monyet masuk ke Indonesia.

1.Pasien WNI tiba di Jakarta dari perjalanan luar negeri pada 8 Agustus 2022.

2.Pada 14 Agustus 2022 pasien mengalami demam dan pembesaran kelenjar getah bening di belakang telinga.

3.Kemudian 16 Agustus 2022 lesi cacar monyet di wajah keluar. Lesi menyebar ke telapak tangan, kaki, dan sebagian di sekitar alat genital.

4.Pada 18 Agustus 2022 pasien mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapati pengobatan dan pihak rumah sakit melakukan tes PCR cacar monyet kepada pasien.

5.1 hari setelahnya, tepatnya pada Jumat, 19 Agustus 2022 malam hasil PCR keluar dan dinyatakan positif cacar monyet.

6.Pasien kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Saat ini tracing tengah dilakukan kepada kontak dekat pasien. Ini merupakan bentuk pencegahan penyebaran virus di masyarakat,” jelas Syahril.

 

Sumber : Sindonews.com