Beranda Parawisata Kepala BPODT : Peran Masyarakat Sangat Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau...

Kepala BPODT : Peran Masyarakat Sangat Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba

52
0
Objek wisata Danau Toba yang tak kalah keindahan alamnya.

Samosir, buktipers.com – Daerah kawasan Danau Toba, menjadi prioritas pemerintah pusat untuk dijadikan daerah kunjungan pariwisata bertaraf internasional.

Keseriusan pemerintah tersebut, dibuktikan dengan pembenahan infrastruktur, baik perbaikan sarana jalan, pengadaan transportasi pendukung, dan termasuk membenahi dermaga.

Di samping itu, pengembangan pariwisata, juga membutuhkan keterlibatan atau partisipasi masyarakat sekitar kawasan danau tersebut.

“Kita perlu memiliki masyarakat yang siap menyambut kedatangan wisatawan, misalnya yang bisa Bahasa Inggris dan memiliki kemampuan hospitality, yang baik. Untuk itu, masyarakat di sekitar Danau Toba juga harus dibimbing untuk memiliki keterampilan tersebut,”ujar Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo kepada buktipers.com, Kamis (12/9/2019).

Ditegaskan Arie, masing – masing unsur masyarakat juga memiliki peran dan bahkan tanggung jawab, dalam mempercepat pembangunan daerah wisata tersebut.

Baca Juga!  Legiman Pengidap Penyakit Tumor Dirawat 3 Orang Janda

“Karena pemerintah juga sudah mengambil bagiannya, seperti memperbaiki insfrastruktur dan sarana pendukung lainnya. Dan kita bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyediakan akses penunjang dan membangun penginapan yang layak di sekitar Danau Toba. Kesiapan Danau Toba ini, tentunya bisa membuat wisatawan yang datang merasa nyaman dan mudah – mudahan tingkat kunjungannya pun bertambah,”ungkapnya.

Menurutnya, mengundang orang untuk senang-senang di Danau Toba, harusnya menjadi pekerjaan mudah dan hal itu menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Mungkin di kapal nanti ada kuliner yang disajikan, ada live music, atau ada tarian-tarian yang disajikan. Masukkan dari wisatawan, mereka juga ingin aktivitas di atas kapal. Di Samosir masih didominasi aktivitas sepeda dan sebagainya,” sambung Arie lagi.

Baca Juga!  Jaksa Tuntut Kompol Fahrizal Pasal Pembunuhan tanpa Pidana Penjara

Arie menggambarkan Danau Toba sebagai daerah yang memiliki keunikan, iklim dan budayanya sangat bagus. Potensi ini selayaknya diimbangi dengan ketersediaan penginapan dan akses yang memadai. Kedepan, diharapkan variasi penerbangan ke Danau Toba juga terus bertambah, harapnya.

“Salah satu bukti, bahwa pengembangan pariwisata memiliki multi player effect, dengan berkembangnya bisnis kain ulos, yang mulai banyak diminati warga,” imbuh Arie, sambil mengajak semua pihak agar memberikan yang terbaik bagi objek wisata Danau Toba.

(Stg)

Loading...