Keren, Mahasiswa UMS Bikin Robot Perawat Pasien Covid-19

0
8
Robot perawat Covid-19 buatan mahasiswa UMS. (iNews.id/Septyantoro)
Dijual Rumah

Solo, buktipers.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah membuat robot perawat. Robot tersebut bisa membantu tim medis dalam menangani pasien Covid-19.

Robot yang diberi nama Suryamu ini dibuat oleh mahasiswa jurusan Teknik Elektro UMS.

“Dapat membantu tugas perawat antara lain mampu mendeteksi parameter kesehatan, dan membantu komunikasi pasien dengan dokter,” kat Nurkalih, ketua tim pembuat robot, Sabtu (10/10/2020).

Dia menjelaskan robot ini berbentuk seperti lemari kabinet yang memiliki roda. Dilengkapi monitor, sensor, dan tempat untuk menaruh obat-obatan dan alat kesehatan.

Robot digerakkan dengan sumber daya baterai. Biaya pembuatan robot sebesar Rp45 juta dan menghabiskan waktu sekitar satu bulan.

Robot ini selanjutnya diserahkan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah di Surakarta untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

Sementara itu Rektor UMS Prof Sofyan Ani mengatakan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan robot tersebut murni dana penelitian.

Saat ini robot tersebut masih akan disempurnakan, untuk selanjutnya bekerja sama dengan industri sehingga bisa digunakan di rumah sakit.

“Minimal dengan majelis yang membawahi seluruh rumah sakit Muhammadiyah di Indonesia,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id