Kesal Hampir Satu Bulan Air Pam Tidak Masuk Ke Rumah, Warga Desa Sei Rampah Lakukan Ini

0
73
Tampak warga sedang mencuci pakaian di unit PDAM Sei Rampah dan Saparwan MY, Kepala Unit PDAM Sei Rampah.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Ratusan warga Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, kesal bukan main.

Masalahnya, sudah hampir satu bulan air PDAM yang disalurkan unit PDAM Simpang Bedagai Sei Rampah ke rumah warga tidak mengalir.

Padahal, air adalah salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan, seperti untuk minum, memasak, mandi dan mencuci.

Pak Gultom (40), warga Dusun V Pangkalan Budiman Sei Rampah, terpaksa mandi di kolam penampungan air unit PDAM Simpang Bedagai, lantaran air tidak mengalir sampai ke rumahnya.

Ditambahkannya, sudah hampir satu bulan mereka tidak mendapatkan air bersih, karena mesin pompa penghisap air unit PDAM Sei Rampah milik Kabupaten Deli Serdang rusak.

“Kalau kebutuhan untuk minum, kita bisa beli air galon, namun untuk mandi, terpaksa kita mandi disini lah, di kolam penampungan air milik unit PDAM dengan cara menimba,” ucapnya.

Begitupun dengan Bu Rina boru Naibaho (38), warga Dusun V Pangkalan Budiman Sei Rampah yang terpaksa mencuci pakaian di lokasi bak kolam penampungan milik unit PDAM, lantaran air tidak sampai mengalir ke rumahnya sudah lebih dua minggu.

Lanjut Rina kepada buktipers.com, Selasa (24/5/2022) pagi, mereka sangat kesal lantaran air tidak mengalir ke rumah sudah lebih dua minggu.

Terpaksa kita bolak balik kesini mencuci pakaian. Kalau kebutuhan untuk minum, ya kita bisa beli air galon, tapi untuk mandi dan mencuci kita kesini aja, ucapnya.

Jadi, kita selaku warga yang berlangganan air bersih di PDAM milik Kabupaten Deli Serdang ini berharap kepada PDAM unit Sei Rampah, agar secepatnya untuk memperbaiki pelayanannya, agar kami bisa menggunakan air, pungkas Rina boru Naibaho.

Ditempat yang sama, Elverida boru Pardosi (32), warga Dusun III Desa Sei Rampah terpaksa mengambil air keperluan rumah tangga menggunakan jerigen dengan memakai kereta sorong sembari mengatakan, sudah hampir sebulan air tidak mengalir ke rumah.

“Yang konon katanya mesin pompa penghisap air unit PDAM milik Kabupaten Deli Serdang tidak berfungsi dan rusak. Sementara mesin pompa penghisap air milik Kabupaten Serdang Bedagai yang sama persis letak dan lokasinya untuk mengalirkan kerumah – rumah warga di dusun lainnya masih bagus dan berfungsi,” tandasnya.

Saparwan MY, selaku Kepala Unit PDAM Simpang Bedagai saat dikonfirmasi diruang kerjanya, membenarkan bahwa sudah dua minggu lebih air tidak mengalir ke rumah warga, lantaran mesin pompa penghisap air milik PDAM Kabupaten Deli Serdang rusak.

Yang dimana rumah warga dari jembatan Sei Rampah hingga ke rumah warga jembatan dekat pintu Tol Kampung Pon tidak mendapatkan air.

“Kita sudah mencoba memperbaikinya, namun, di saat anggota sedang memperbaiki mesin pompa penghisap air disaat pemasangan pipa yang kedua motor pompa penghisap air lepas dari Soketnya,” kata Saparwan.

Namun begitupun, kita tetap berupaya secepatnya untuk memperbaiki mesin motor pompa penghisap air yang jatuh, agar kebutuhan air untuk warga segera tersalurkan kembali seperti biasanya.

“Dan kita sudah berkoordinasi dengan rekanan dari PDAM Tirtanadi Medan dan besok mereka aku turun untuk memperbaikinya,” pungkas Saparwan.

 

(ML.hrp)