Kesepakatan Antar Masyarakat Motung, Sigapiton dengan BOPDT Tercapai, Pembukaan Jalan Dimulai Hari ini

0
403
Foto bersama usai pertemuan antara masyarakat Motung, Sigapiton, tokoh adat serta tokoh agama, dengan pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yang menemukan kesepakatan pembukaan akses jalan kepariwistaan Kaldera Toba, Minggu (15/9/2019).
Dijual Rumah

Toba Samosir, buktipers.com – Pertemuan antara masyarakat Motung, Sigapiton, tokoh adat serta tokoh agama, dengan pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akhirnya menemukan kesepakatan yang baik dan pembukaan akses jalan kepariwistaan Kaldera Toba, akan dilanjutkan hari ini, Senin (16/9/2019).

Kesepakatan kelanjutan pengembangan kawasan pariwisata, di lahan zona otorita, di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) itu, dilakasanakan di Kantor Camat Lumban Julu, Tobasa, pada Minggu (15/9/2019) sore, pukul 16.00 WIB.

Rapat tersebut membahas masalah persoalan tanah antara BPODT dan masyarakat. Masyarakat mengklaim, lahan tersebut  milik mereka hingga terjadi pelarangan saat pembukaan jalan.

Rapat yang berlangsung lebih dari 5 jam itu, akhirnya menyepakati pekerjaan pembukaan jalan sepanjang 1,9 KM tersebut.

Rapat tersebut, dihadiri Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo S.I.K, Bupati Darwin Siagian, Direktur BPODT, Arie Prasetyo, Direktur Pemasaran, Basar Simanjuntak serta Camat dari dua Kecamatan yaitu Camat Ajibata, Tigor Sirait dan Camat Lumban Julu, Alfaret Manurung.

Namun rapat tersebut berlangsung tertutup.

Sebelumnya, Sekda Audi Murphy Sitorus, meminta dengan hormat kepada warga  desa lain, agar mengikuti rapat sesi kedua.

Terdapat tiga desa yang diajak rapat, di kantor camat. Desa Sigapiton dan Motung, masuk di sesi pertama, sedangkan Pardamean Sibisa, disesi kedua.

Diharapkan, rapat bisa menghasilkan solusi terbaik untuk pembangunan lokasi wisata kelas dunia yang akan mendatangkan wisatawan dan berakibat baik bagi warga sekitar.

(Stg/Rls)