Keterbatasan Jaringan IT, Pelatihan Penyusunan Profil Desa Resang Terpaksa Hijrah  

0
229
Kegiatan pelatihan penyusunan profil dan monografi Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga.(foto/zul)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Lingga (Kepri)

Disebabkan sulitnya jaringan IT di wilayah Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga ,  pelaksanaan giat kegiatan pelatihan penyusunan profil dan monografi Desa Resang terpaksa dipindahkan ke Gedung Serba Guna, Desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep.

“Desa kami tidak ada jaringan IT bang, sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan terpaksa hijrah, menumpang  di Gedung Serba Guna ini. Di sini jaringan IT nya lancar,”  ujar Hanapi, Kepala Desa Resang, Kamis (27/12/18) sekira pukul 12.30 Wib.

Tujuan pelatihan ini, imbuhnya, untuk pengenalan sekaligus memberikan gambaran menyeluruh tentang keadaan/karakter desa, meliputi potensi sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), maupun kelembagaan,baik saran maupun prasarana terkait perkembangan serta permasalahan yang dihadapi dalam suatu desa.

Kegiatan pelatihan ini juga, nantinya akan menjadi panduan serta sebagai langkah dasar untuk menetapkan suatu program kegiatan desa dalam hal pembahasan untuk menetapkan Anggaran Dana Desa  (ADD) setiap pertahunnya secara proposional dan terperinci dengan jelas serta transparan.

Tak kalah penting, pelatihan ini juga katanya, akan memeberi pemahaman juga mengajarkan kepada seluruh perangkat desa untuk bekerja secara online, cepat dan akurat sesuai ketentuan yang telah diberlakukan oleh pemerintah, serta mengetahui dengan mudah semua gambaran segala Potensi dan tingkat perkembangan desa secara akurat, komprehensif dan integral.

Selain dihadiri seluruh perangkat Desa Resang sebagai peserta pelatihan, juga hadir Bhabinkamtibmas Desa Resang Brigadir Aldomoro, Babinsa Desa Resang Sertu P.Simbolon, Pendamping Lokal Desa, Jainike Sangrila Ari Sindi, Pendamping Desa, Hendra Horas Sinaga dan dua nara sumber dari Kabupaten Lingga Yustotok SK dan Kecamatan Singkep Selatan, E.Dody Kurniawan.(Zul)

 

Editor : Maris