Beranda Samosir Ketua DPRD Bilang Angka Kemiskinan di Samosir Meningkat Tahun 2018, Versi Pemkab...

Ketua DPRD Bilang Angka Kemiskinan di Samosir Meningkat Tahun 2018, Versi Pemkab malah Menurun

132
0
Kantor Bupati Samosir. (Net)
Loading...

Buktipers.com – Samosir

Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata, mengatakan angka kemiskinan di Samosir, meningkat di tahun 2018, lalu.

Hal itu disampaikan pada saat rapat paripurna istimewa DPRD Samosir, dalam rangka hari jadi Kabupaten Samosir ke 15 Tahun 2019, pada Senin (7/1/2019), lalu.

Namun tidak jelas pasti, berapa persentase angka kemiskinan yang disebutnya naik tersebut.

Padahal, informasinya Kaban BPS Samosir yang secara resmi melaporkan  data  indikator sosial dan ekonomi makro Kabupaten Samosir (Tahun 2016 – 2018), pada tanggal 28 Desember 2018, di ruang kerja Bupati, bahwa angka kemiskinan di Kabupaten  Samosir, menurun sekitar 1.34%.

Sehingga, ucapan Ketua DPRD tersebut, dianggap telah melanggar aturan, karena mengumumkan dan mengkomunikasikan  data tanpa sepengetahuan dan persetujuan BPS Samosir.

Baca Juga!  Kapolres Dairi Melayat Ke Rumah Duka Korban Pembunuhan.

Ini dapat dikategorikan melanggar aturan karena data yang disampaikan tidak up date, tulis pihak Pemkab Samosir dalam grup WhatsApp (WA) Samosir Negeri Indah (SNI).

WA di grup Samosir Negeri Indah.
WA di grup Samosir Negeri Indah.

Padahal, setiap pidato yang disampaikan pada rapat paripurna adalah arsip Negara.

Dan pemerintah tidak akan tinggal diam, dengan kejadian ini.

Hal itu ditegaskan pihak Pemkab Samosir yang dishare dalam grup WA tersebut, yang diterima wartawan, Selasa malam (8/1/2018).

Sementara itu, Kadis Kominfo Samosir, Rohani boru Bakkara yang dikonfirmasi wartawan via ponsel, Rabu pagi (9/1/2019), mengatakan, bahwa apa yang disampaikan di grup WA (Samosir Negeri Indah,red) itu adalah atas nama lembaga Pemkab Samosir, bukan pribadi.

Dan saat dipertegas, maksud dari bahasa tidak tinggal diam yang ditulis dalam WA itu, Rohani menjelaskan, bahwa itu jangan diartikan negatif.

Baca Juga!  Ketua DPW PNTI Sumut Minta Poldasu Usut Pelaku Penenggelaman Bangkai Ikan ke Dasar Danau Toba

Kata Rohani lagi, bahasa tidak tinggal diam dimaksud, yaitu pihak Pemkab Samosir akan memberikan klarifikasi ataupun penjelasan, kepada siapapun yang membutuhkan informasi soal data angka kemiskin di Kabupaten Samosir tersebut.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata yang dikonfirmasi soal ucapannya yang menyebutkan angka kemiskinan di Samosir meningkat pada tahun 2018, tidak memberikan jawaban. Baik panggilan ponsel maupun pesan singkat yang dilayangkan wartawan, tidak mendapat balasan, Rabu (9/1/2019) pagi. (gusri)

Loading...